Aplikasi Berita

Tanpa Biaya Admin, Jenius QR Diluncurkan Untuk Minimalisir Penggunaan Uang Tunai

Jenius QR Diluncurkan Untuk Minimalisir Penggunaan Uang Tunai Header

Gadgetren – Kabar baru datang dari layanan pembayaran digital keluaran Bank BTPN, Jenius, yang hari ini baru saja meluncurkan fitur terbaru bernama Jenius QR untuk memudahkan bertransaksi tanpa menggunakan uang tunai atau kartu debit.

Fitur baru ini mendukung kenyamanan bertransaksi masyarakat digital Indonesia, sekaligus mendukung program Bank Indonesia untuk mendorong peningkatan pembayaran non-tunai terutama di masa pandemi COVID-19 yang mengutamakan Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Waasi Sumintardja selaku Digital Banking Business Product Head Bank BTPN menjelaskan bahwa fitur terbaru ini diluncurkan berdasarkan proses kokreasi setelah mendengarkan masukan dari pengguna akan cara pembayaran yang semakin mudah, aman, dan cepat.

“Dengan masa transisi ini tentunya sebagian dari kita sudah bertemu banyak orang, beli barang dan makan di luar, terjadi tatap muka, dan mulai melakukan pembayaran non-tunai. Dengan menggunakan Jenius QR, masyarakat tetap bisa menjaga kesehatan dan hari ini Jenius QR sudah bisa digunakan untuk pembayaran dengan merchant yang sudah bekerjasama,” ujarnya.

Lebih jauh, Jenius QR sendiri digadang memiliki keunggulan tanpa dikenakan biaya administrasi tambahan ketika pengguna melakukan pembayaran pada setiap merchant yang bekerjasama dengan Jenius.

Selain itu, Waasi juga menjanjikan kemudahan dan cepat pada setiap transaksi dengan Jenius QR karena langsung terhubung dengan Saldo Aktif pada aplikasi Jenius serta tercatat di Transaction History pengguna.

Peluncuran Jenius QR ini juga merupakan momentum yang tepat di tengah kondisi perubahan perilaku belanja masyarakat yang ditemukan oleh Jenius.

Berdasarkan studi internal Jenius mengungkapkan bahwa 307 masyarakat berperilaku Masyarakat Digital Savvy Selama Masa Adaptasi Kebiasaan Baru, ditemukan 52 persen responden masih menjalankan bekerja dari rumah dan 48 persen telah bekerja di kantor.

Hasil riset juga menunjukkan lima aktivitas yang paling sering dilakukan di luar rumah selama masa adaptasi kebiasaan baru oleh responden yang masih bekerja dari rumah di antaranya berbelanja di minimarket (61 persen), berbelanja di supermarket (44 persen), berbelanja di pasar tradisional (30 persen), beribadah di luar rumah (28 persen), dan olah raga luar ruangan (20 persen).

Jenius QR Tidak perlu pindah aplikasi

Dengan perubahan tingkah laku masyarakat tersebut, Waasi mengharapkan Jenius QR dapat membantu masyarakat untuk bertransaksi di seluruh jaringan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), termasuk di jaringan e-Wallet seperti GoPay, OVO, DANA, dan sebagainya.

Lalu bagaimana caranya? Jika kamu belum mempunyai akun Jenius, kamu hanya perlu install dan mendaftarkan data pribadi kamu secara online maupun lewat Bank BTPN. Setelah itu, kamu cukup memindai (scan) QRIS dengan Jenius untuk melakukan pembayaran minimal Rp 10 ribu di semua merchant QRIS seluruh Indonesia.

Mulai dari jajan di warung sampai belanja di toko dan makan di restoran, kamu hanya perlu memindai (scan) QRIS saat akan melakukan pembayaran dengan limit maksimum pembayaran sebesar Rp 2 juta.

Soal urusan keamanan, Jenius memastikan bahwa pembayaran QRIS dilengkapi keamanan berlapis berupa biometrik sidik jari atau sensor wajah dan PIN. Pengguna juga bisa memanfaatkan otentikasi transaksi dengan menetapkan limit sesuai kebutuhan. Misalnya limit Rp 100 ribu, maka pengguna akan dimintakan password setiap ingin melakukan pembayaran.

Tinggalkan Komentar