Berita

Google Akan Membawa Fitur Live Caption di Komputer Lewat Chrome

Google Mengajar Dari Rumah Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Fitur Live Caption yang kini menjadi salah satu fitur terbaik di Android akan tersedia di berbagai platform komputer yang meliputi Windows 10, MacOS, maupun Linux melalui Google Chrome.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh portal berita BGR, fitur itu kini sudah mulai meluncur untuk peramban pihak ketiga yang banyak digunakan oleh kalangan pengguna komputer.

Para pengguna perangkat Windows 10 maupun MacOS bahkan sekarang sudah bisa menemukannya pada seri pengembang, Google Chrome Canary, dengan versi 84.0.4136.2 atau yang lebih baru.

TechDows yang menemukan hal ini pertama kalinya mengungkapkan bahwa fitur Live Caption untuk Chrome bisa diaktifkan di bawah kategori Accessibility pada pengaturan aplikasi. Bagi kamu yang bingung, kamu bisa mengaksesnya melalui url chrome://settings/accessibility.

Fitur Live Caption sendiri merupakan fitur yang berfungsi untuk menambahkan teks secara langsung pada klip yang sedang diputar, baik itu video daring maupun video yang tersimpan secara lokal di perangkat.

Fitur transliterasi suara ke bentuk tulisan itu akan berguna bagi mereka yang tidak bisa menaikkan volume suara atau tidak memiliki speaker pada perangkat untuk menonton sebuah tayangan video.

Karena fitur bisa bekerja pada video-video lokal yang bahkan tidak menyediakan salinan teksnya sendiri, Live Caption pun dapat sangat membantu mereka yang memiliki keterbatasan pendengaran.

Namun sayangnya, belum ada keterangan yang lebih jelas mengenai apakah fitur Live Caption untuk Chrome akan bekerja dengan kemampuan yang sama seperti Live Caption di Android atau tidak.

Termasuk dalam hal ini, apakah fitur untuk Chrome itu akan bekerja pada video lokal atau tidak mengingat peramban pihak ketiga tersebut tidak memiliki hak istimewa di seluruh sistem komputer.

Selain keterbatasan informasi ini, fitur Live Caption untuk Chrome pada masa awal peluncurannya kemungkinan juga masih terbatas untuk Bahasa Inggris dengan penambahan dukungan bahasa lain di masa mendatang.

Google sendiri tampaknya merencanakan perkenalan Live Caption itu pada konferensi tahunan Google I/O 2020. Namun karena acara tersebut sudah dibatalkan akibat penyebaran Coronavirus, waktu perkenalannya pun belum bisa dipastikan akan digelar kapan.

Tinggalkan Komentar