Berita

Hadapi COVID-19, Google Maps Hadirkan Fitur Delivery dan Takeout

Google Maps Feature

Gadgetren – Di tengah pandemi COVID-19, pemerintah Indonesia sudah memberikan himbauan kepada masyarakat untuk belajar dan bekerja dari rumah.

Selain itu, pemerintah juga menyarankan agar kamu membeli makanan maupun minuman dari kedai, rumah makan, atau restoran favorit dari rumah saja untuk meminimalisir dampak penyebaran virus Corona.

Untuk mendukung saran pemerintah tersebut, Google telah meluncurkan fitur Delivery dan Takeout pada aplikasi Google Maps. Dengan hadirnya fitur ini, kamu bisa melihat berbagai kedai, rumah makan, atau restoran yang melayani pesanan antar.

Google Maps delivery

Sebelum adanya pandemi COVID-19, kedua menu tersebut tidak muncul di aplikasi Google Maps melainkan hanya tersedia beberapa menu seperti Hotel, Pom Bensin, Swalayan, Toko Obat, Kafe, dan lainnya.

Kamu sendiri dapat melihat menu Delivery dan Takeout tepat berada di bagian bawah kolom pencarian yang terletak di bagian atas Google Maps. Apabila kamu menekan salah satu menu, maka Google Maps akan menampilkan beragam kedai, rumah makan, atau restoran yang menyajikan pelayanan pesan antar di dekat rumahmu.

Kendati Google Maps menampilkan beberapa rumah makan yang menyediakan layanan pesan antar, namun kamu tidak dapat langsung melakukan pesanan seperti lewat GoFood atau GrabFood.

Perlu diingat, bahwa fitur ini tidak menyediakan dukungan untuk pemesanan melalui Google Maps. Namun kamu harus menelepon atau melakukan pemesanan melalui situs resmi dari rumah makan tersebut.

Meskipun begitu, fitur baru ini cukup membantu orang-orang untuk mengetahui rumah makan mana saja yang menyediakan layanan pesan antar mengingat Delivery dan Takeout ditujukkan untuk memperkecil penyebaran virus Corona.

Pada saat saya mencobanya, fitur Takeout dan Delivery mampu menampilkan berbagai jenis rumah makan atau restoran kecil hingga besar. Bahkan Pecel Ayam, Nasi Uduk, dan Bubur Ayam pinggir jalan di dekat rumah pun dapat ditampilkan fitur tersebut.

Fitur Delivery dan Takeout sendiri sudah tersedia di smartphone Android dan perangkat iOS. Namun apabila kamu merasa bahwa fitur ini masih belum memuaskan, mungkin kamu dapat menggunakan aplikasi GoFood atau GrabFood yang memang punya layanan khusu untuk mengirim pesanan makanan atau minuman.

Tinggalkan Komentar