Gadget Smartphone

Perbandingan realme XT Vs Samsung Galaxy A50s – Sama-sama Mempesona?

realme XT Vs Samsung Galaxy A50s Header

Gadgetren – Dibanderol dengan harga yang relatif setara, realme XT dan Samsung Galaxy A50s bisa dipertimbangkan bagi mereka yang membutuhkan smartphone terjangkau tapi memiliki spesifikasi mumpuni.

Keduanya secara umum sama-sama dilengkapi dengan layar berukuran besar, SoC berkinerja tinggi, dukungan kamera yang bisa diandalkan, hingga fitur yang cukup lengkap untuk digunakan sebagai daily driver yang baru.

Hanya saja sebelum menentukan perangkat mana yang akan dibeli, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Agar kamu lebih mudah membedakannya, kami coba rangkum dalam perbedaan-perbedaan berikut ini.

Meskipun dibanderol dengan harga yang relatif setara, realme XT dan Galaxy A50s memiliki perbedaan utama di sisi kinerja. Hal ini dikarenakan kedua smartphone ini menggunakan SoC yang berlainan.

Dalam hal ini, realme XT mengandalkan SoC Qualcomm Snapdragon 712 yang secara teknis lebih unggul di beberapa hal dibandingkan SoC Samsung Exynos 9611 yang dipakai oleh Galaxy A50s.

Keunggulan SoC ini tak hanya mencakup kemampuan unit pengolahan data dan grafisnya, melainkan juga kemampuan pengolahan sinyal citra gambar (ISP) yang berimbas pada konfigurasi kamera yang bisa digunakan.

Dengan jumlah sensor yang lebih banyak, kamera utama realme XT bahkan memuat lensa utama beresolusi 64 MP, lensa sudut lebar 8 MP, lensa potret, dan lensa makro. Sementara pada Galaxy A50s, kamera utamanya hanya memuat lensa 48 MP, lensa sudut lebar 8 MP, dan lensa potret 2 MP.

realme XT Vs Samsung Galaxy A50s Camera

Namun karena fokus di kinerja dan kamera utama, realme XT sayangnya memiliki dukungan kamera depan dengan resolusi lebih standar dibandingkan kamera depan Galaxy A50s.

Kamera depan Galaxy A50s dalam hal ini memiliki lensa dengan resolusi 32MP, dua kali lebih tinggi dibandingkan kamera depan realme XT yang hanya memiliki lensa beresolusi 16 MP.

Di sektor layar dan baterai yang digunakan, realme XT dan Galaxy A50s memiliki spesifikasi yang tak jauh berbeda. Hanya saja dalam dua sektor ini, realme XT memiliki fitur tambahan yang penting untuk dipertimbangkan.

realme XT Vs Samsung Galaxy A50s Layar

Guna menambah dua sektor tersebut, realme XT sudah membawa lapisan Corning Gorilla Glass 5 yang lebih kokoh dan fitur pengisian VOOC 3 (25 Watt) yang bisa mengisi perangkat dengan lebih cepat.

Meskipun demikian, realme XT sayangnya tidak dilengkapi dengan fitur NFC seperti Galaxy A50s sehingga tidak bisa diandalkan untuk melakukan beberapa hal seperti mengecek saldo kartu tol atau e-money. Secara lebih singkat, berikut ini tabel perbandingan di antara keduanya.

Tabel Perbandingan realme XT Vs Samsung Galaxy A50s

Aspekrealme XT Samsung Galaxy A50s
LayarSuper AMOLED 6,4 inci Full HD+ (2340×1080 piksel), Corning Gorilla Glass 5Super AMOLED 6,4 inci Full HD+ (2340×1080 piksel)
SoCQualcomm Snapdragon 712Samsung Exynos 9611
RAM4 GB/8 GB4 GB/6 GB
Memori Internal128 GB64 GB/128 GB
Kamera Utama64 MP +wide-angel 8 MP + makro 2 MP + potret 2 MP48 MP + ultra-wide 8 MP + potret 2 MP
Kamera Depan16 MP32 MP
FiturFingerprint In-Display, Giroskop, Akselerometer, Bluetooth 5.0, USB Type-CFingerprint In-Display, Giroskop, Akselerometer, Bluetooth 5.0, USB Type-C, NFC
Baterai4.000mAh, VOOC 3.04.000mAh, 15 Watt Fast Charging
OSColorOS 6 (Android 9 Pie)OneUI (Android 9 Pie)

Tinggalkan Komentar