Berita Smartphone

Qualcomm Rilis Snapdragon 720G, 662, dan 460! Apa Fitur Barunya?

Qualcomm Snapdragon 460 662 720G Header

Gadgetren – Sebagai perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Qualcomm Technologies, Inc. telah menghadirkan beragam chipset mobile untuk smartphone kelas bawah hingga atas.

Baru-baru ini Qualcomm secara resmi meluncurkan tiga chipset terbarunya yang diberi nama Snapdragon 720G, 662, dan 460.

Ketiga chipset ini mempunyai dukungan konektivitas cepat 4G, Wi-Fi 6, dan Bluetooth 5.1 yang terintegrasi dengan teknologi audio canggih melalui subsistem Qualcomm FastConnect seri 600.

Qualcomm Snapdragon 720G, 662, dan 460 ini telah mendukung Dual-Frequency (L1 dan L5) GNSS (Global Navigation Satellite System) yang dapat memberikan lokasi akurat di berbagai area.

Selain itu, ketiganya mendukung Qualcomm AI Engine dan Qualcomm Sensing Hub yang dapat memberikan pengalaman penggunaan berbasis kecerdasan buatan terbaru yang lebih baik dalam hal fotografi, perintah suara, dan tampilan always-on.

Kedar Kondap selaku Vice President Product Management Qualcomm Technologies, Inc mengatakan bahwa perluasan portofolio 4G dari Qualcomm membuat mitranya dapat menawarkan solusi canggih yang memenuhi permintaan dunia dan memberikan pengalaman gaming yang imersif di berbagai kalangan dan segmen harga.

Snapdragon 720G

Qualcomm Snapdragon 720G

Dibandingkan dengan kedua chipset lainnya, Snapdragon 720G mempunyai fitur yang lebih canggih mulai dari kehadiran Qualcomm Snapdragon Elite Gaming, Qualcomm Spectran 350L ISP, Qualcomm AI Engine generasi ke-5, Qualcomm Tensor Accelerator, dan modem Snapdragon X15 LTE.

Berkat hadirnya Snapdragon Elite Gaming, chipset ini mampu menghadirkan game HDR secara mulus dengan warna serta kontras yang dinamis. Pihak Qualcomm juga mengklaim bahwa fitur ini dapat memberikan penampilan game yang realistis dan imersif ditambah suara yang berkualitas bagus berkat dukungan Qualcomm aptX Adaptive.

Menariknya, Qualcomm Spectran 350L ISP yang hadir pada chipset ini mampu memberikan dukungan pada kamera smartphone untuk dapat merekam video 4K, mengambil foto hingga beresolusi 192 MP, dan menonton video HDR.

Kombinasi antara Qualcomm AI Engine generasi ke-5 dan Qualcomm Tensor Accelerator dalam chipset ini mampu menghadirkan pengalaman kecerdasan buatan baru untuk permainan game, perintah suara, hingga fotografi.

Terakhir, modem X15 LTE pada Snapdragon 720G ini terintegrasi dengan dukungan 3-carrier aggregation, 4×4 MIMO untuk dua carrier, dan modulasi 256-QAM sehingga mampu menghasilkan kecepatan download hingga 800 Mbps.

Snapdragon 662

Qualcomm Snapdragon 662

Pihak Qualcomm Technologies, Inc mengklaim bahwa Snapdragon 662 menghadirkan kemampuan kamera dan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang canggih ke seri 600.

Berkat kehadiran Qualcomm Spectra 340T terbaru, chipset ini dapat mendukung konfigurasi tiga kamera baru. Pertama dalam seri 600, chipset ini mendukung pengambilan foto dalam format HEIF (High Efficiency Image File) dengan kualitas gambar yang bagus namun punya ukuran yang lebih kecil dari JPEG.

Snapdragon 662 ini juga dibekali Qualcomm AI Engine generasi ke-3 yang dikombinasikan dengan Hexagon Vector Extensions dan Qualcomm Spectra 340T sehingga mampu memberikan pengalaman berbasis AI yang pintar untuk avatar, fotografi malam, dan otentikasi wajah maupun suara.

Chipset ini juga dibekali dengan modem X11 LTE yang mempunyai kecepatan download maksimal 390 Mbps dan upload maksimal 150 Mbps berkat dukungan 2-carrier aggregation, 2×2 MIMO, dan modulasi 256-QAM.

Snapdragon 460

Qualcomm Snapdragon 460

Sebagai seri 400, chipset yang satu ini membawa peningkatan dalam sisi kecerdasan buatan, kamera, dan konektivitas. Dibandingkan Snapdragon 450, chipset ini mempunyai peningkatan CPU mencapai 70% dan GPU mencapai 60%.

Snapdragon 460 ini juga menjadi pertama kali di seri 400 yang menggunakan prosesor Hexagon dengan Qualcomm Hexagon Vector eXtensions (HVX) serta menawarkan kombinasi Qualcomm AI Engine generasi ke-3 dan Qualcomm Sensing HUB untuk memberikan pengalaman AI baru dalam urusan perintah suara maupun fotografi.

Hampir sama dengan Snapdragon 662, chipset seri 400 terbaru ini didukung oleh modem Snapdragon X11 LTE yang mempunyai kecepatan download 390 Mbps dan upload 150 Mbps.

Tinggalkan Komentar