Berita Laptop

ASUS ROG Zephyrus G14 – Laptop Gaming dengan Tampilan Lampu LED yang Unik

ASUS ROG Zephyrus G14

Laptop gaming ROG Zephyrus G14 terbaru dari ASUS memiliki fitur yang membuatnya tampil beda dibandingkan dengan laptop gaming lainnya. Jika biasanya laptop gaming menggunakan lampu RGB, Zephyrus G14 menggunakan lampu LED AniMe Matrix pada penutup laptopnya.

Dengan AniMe Matrix, kamu dapat menampilkan gambar atau teks apapun yang kamu mau di bagian penutup laptop. Fitur ini menggunakan 1.215 buah lampu LED kecil yang mana tiap lampunya dapat menghasilkan cahaya berwarna putih dengan 256 tingkat kecerahan.

Gambar yang tampil pada lampu LED AniMe Matrix dapat dibuat baik secara manual maupun dengan mengimpor gambar yang sudah ada dengan format GIF atau format lainnya.

AniMe Matrix juga mampu memvisualisasikan musik yang sedang dimainkan pada laptopnya untuk menghadirkan tampilan yang unik. Nantinya ASUS juga akan menambahkan fitur lain seperti menampilkan email, tanggal, waktu, dan level baterai.

Walaupun terlihat menarik, fitur AniMe Matrix tentu akan menyedot daya baterai laptop ROG Zephyrus G14. Sascha Krohn, Senior Global Technical Marketing Manager di ASUS ROG, mengatakan bahwa daya baterai laptop dapat tersedot 25% lebih cepat jika fitur AniMe Matrix diaktifkan dengan menggunakan animasi GIF dan dapat tersedot lebih besar hingga 50% jika semua lampu LED diaktifkan dengan tingkat kecerahan maksimal.

Untuk menghemat daya baterai, jika laptop ROG Zephyrus G14 terputus dari koneksi kabel listrik maka fitur AniMe Matrix secara bawaan akan menggunakan mode penghemat daya baterai.

Sascha juga menambahkan tata letak lampu LED AniMe Matrix sengaja dibuat mengisi setengah area penutup laptop dengan miring agar sesuai dengan gaya desain ASUS ROG. Ide awalnya sebetulnya hanya untuk mengganti area logo laptop ASUS dan diganti menjadi misal menampilkan logo tim eSports namun kini berubah menjadi seperti sekarang.

Fitur AniMe Matrix ini tentu memerlukan biaya lebih besar daripada laptop gaming standar lainnya. Sascha mengatakan kemungkinan akan ada perbedaan harga sekitar $100 antara model laptop yang menggunakan AniMe Matrix dengan yang tidak.

ASUS ROG Zephyrus G14

Selain fitur AniMe Matrix, ROG Zephyrus G14 sebagai laptop gaming tentu juga dilengkapi dengan jeroan berperforma tinggi seperti menggunakan prosesor AMD Ryzen 4000 Series terbaru dan kartu grafis GeForce RTX 2060.

Kamu juga dapat memilih antara menggunakan layar 120Hz atau layar beresolusi WQHD yang mana keduanya sudah tervalidasi oleh Pantone sehingga dapat menampilkan warna yang akurat.

Gabungan antara performa yang tinggi dan fitur AniMe Matrix menurut saya membuat laptop ini menarik digunakan oleh tim eSports untuk menampilkan logo timnya dengan animasi agar terlihat oleh para penonton atau bahkan mungkin menampilkan logo sponsor. Dengan tidak digunakannya fitur cahaya RGB yang berlebihan juga membuat laptop ini cocok digunakan untuk non gamer.

Fiutr AniMe Matrix pada ROG Zephyrus G14 bisa menjadi sebuah alat pemasaran yang menarik namun untuk saat ini aplikasi penyetelan tampilan lampu LED-nya masih dalam tahap pengembangan. Aplikasinya baru akan siap ketika laptopnya sudah siap dijual ke pasaran nanti.

Leave a Comment