Tips dan Trik

Lebih Mudah! Ini Cara Melihat Jalan yang Ditutup Karena Banjir di Google Maps

Cara Melihat Banjir di Google Maps Header

Gadgetren – Banjir pastinya mengakibatkan banyak masalah seperti jalanan di kota yang ditutup. Untungnya, kita bisa mengecek jalanan mana saja yang sekarang sedang ditutup dengan menggunakan fitur yang dimiliki Google Maps.

Google Maps adalah salah satu layanan favorit saya. Meskipun Waze kini sudah bergabung dengan Google, layanan ini lebih familiar bagi saya sehingga lebih mudah untuk mengoperasikannya.

Selain itu, layanan yang juga memiliki aplikasi di perangkat smartphone ini juga menawarkan berbagai macam fitur yang cukup membantu. Beberapa diantaranya adalah informasi mengenai kemacetan hingga penutupan jalan yang cukup penting untuk diketahui ketika hendak berpergian.

Pada musibah banjir Jakarta yang sering melanda setahun sekali, layanan ini pun memberikan informasi yang cukup detail. Salah satunya mengenai jalanan mana saja yang sekarang sedang ditutup akibat musibah tersebut.

Bagi kamu yang ingin bepergian, kamu bisa melihat jalanan mana saja yang ditutup karena banjir dengan membuka aplikasi Google Maps di smartphone. Jika aplikasi belum menunjukkan informasi penutupan jalan, kamu selanjutnya bisa mengetuk ikon di pojok kanan atas.

Ikon yang saya maksud ini merupakan ikon berbentuk layer atau lapisan peta. Lokasi ikonnya berada di bawah kolom pencarian tempat, tepatnya di bawah kategori tempat yang direkomendasikan oleh Google Maps.

Jika sudah memilihnya, nanti akan keluar berbagai macam opsi dari mulai jenis peta hingga detail peta yang bisa ditambahkan. Untuk menambahkan informasi pemblokiran jalan akibat banjir, kamu bisa mengetuk opsi Lalu Lintas (Traffic) di bagian Detail Peta (Map Detail).

Cara mengaktifkan detail lalu lintas google maps

Setelah mengaktifkan opsi tersebut, ketuk pada bagian peta untuk menutup menu. Selanjutnya peta akan secara otomatis menampilkan berbagai macam informasi terkait lalu lintas di jalanan, termasuk juga penutupan jalan.

Informasi mengenai penutupan jalan ini ditunjukkan dengan simbol berbentuk tanda pentung (!) berwarna kuning atau tanda dilarang masuk (-) berwarna merah. Jika ada salah satu tanda tersebut, maka kemungkinan jalan yang dimaksud sedang tutup.

Detail penutupan jalan di Google Maps

Tanda tersebut pun bisa diketuk untuk mengetahui detail lebih lanjut seperti mengenai sampai kapan penutupan tersebut akan dilangsungkan. Selain itu, kamu juga bisa memberikan laporan terbaru dengan mengetuk Yes (Ya) , No (Tidak), atau Not Sure (Tidak Yakin) pada detail yang muncul.

Inilah alasan mengapa Google Maps masih menjadi salah satu layanan favorit saya. Keren bukan?

Tinggalkan Komentar