Bengkel

Kenapa Koneksi Data Wi-Fi Terputus Saat iPhone Terkunci?

Koneksi Data Terputus Saat iPhone Terkunci Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Meskipun saya bukan pengguna iPhone karena beberapa alasan seperti ekosistemnya belum bisa mendukung pekerjaan secara maksimal, saya tetap mengagumi perangkat bersistem operasi iOS tersebut.

Pasalnya, sepengetahuan saya perangkat buatan Apple tersebut menawarkan sistem operasi yang lebih optimal sehingga bisa memaksimalkan perangkat kerasnya yang biasanya terlihat lebih rendah dari smartphone lain.

Hal ini terbukti dari banyak pemain game seluler yang menjatuhkan pilihannya ke perangkat berbasis iOS ketimbang perangkat-perangkat Android yang semakin populer untuk sekarang ini.

Namun sayangnya, di balik kekaguman saya ini, ternyata ada beberapa masalah yang sering dialami oleh pengguna iPhone karena sistem operasinya tersebut. Salah satunya seperti yang ditanyakan pembaca berikut ini!

Pertanyaan:

Min, kenapa koneksi data Wi-Fi bisa terputus saat iPhone terkunci?

Jawaban:

Selain kinerjanya, kemampuan iOS dalam menghemat daya juga menjadi salah satu hal yang saya kagumi. Berkat kemampuan ini, perangkat iPhone bisa benar-benar bertahan lebih lama saat perangkat sedang tidak digunakan.

Sayangnya, kemampuan yang bakal aktif ketika layar perangkat dalam keadaan mati ini (setelah layar terkunci), akan membatasi kemampuan lain dari perangkat agar bisa lebih hemat baterai.

Berdasarkan berbagai pembahasan yang disampaikan di forum-forum iPhone, salah satunya terjadi dengan membatasi kemampuan untuk mencari akses ke internet yang notabene memakan cukup banyak daya.

Hasilnya, beberapa pengguna pun mengeluhkan bahwa mereka mengalami keterlambatan dalam memperoleh pemberitahuan dari pesan atau notifikasi dari aplikasi lain, yang bisa jadi sangat mengganggu.

Bahkan beberapa di antaranya menyebut bahwa notifikasinya hanya muncul saat perangkat dibuka, terutama pengguna iPhone yang memakai akses internet melalui jaringan WiFi yang ada.

Sebagai solusinya, kamu yang mengalami permasalahan yang sama bisa memasang aplikasi tambahan dari pihak ketiga. Namun karena biasanya aplikasi ini bisa membuat perangkat cepat panas dan boros baterai, tidak akan saya rekomendasikan.

Solusi lain yang tak kalah bagus, kamu bisa mematikannya saja supaya perangkat terhubung secara langsung ke jaringan seluler. Apalagi dengan mematikan Wi-Fi ini, perangkatmu bahkan bisa semakin lebih hemat daya.

Bagi kamu yang belum tahu, kamu bisa mematikan opsi ini melalui Settings > Privacy > Location Services > System Services dan pastikan tombol Wi-Fi networking dalam posisi Off.

Selanjutnya jika masih mengalami permasalahan ini, kamu bisa mencoba untuk mereset pengaturan jaringan Wi-Fi melalui Settings > General > Reset > Reset Network Settings.

Namun perlu kamu tahu, opsi ini akan mereset semua pengaturan jaringan, termasuk jaringan dan kata sandi Wi-Fi, pengaturan seluler, serta pengaturan VPN dan APN yang pernah digunakan sebelumnya.

Selain itu, kamu juga bisa mengotak-atik pengaturan router Wi-Fi yang kamu gunakan, termasuk memperbarui firmware-nya, karena beberapa permasalahan terkait dengan koneksi data Wi-Fi iPhone yang terputus bisa juga diakibatkan permasalahan di sisi router.

* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke tanya@gadgetren.com. Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Tinggalkan Komentar