Tips dan Trik

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop yang Mudah dan Tanpa Kabel

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop Header

Gadgetren – Kini, banyak aplikasi dan layanan yang menawarkan kemampuan untuk menampilkan layar ponsel ke perangkat komputer. Sayangnya, setelah saya coba, banyak yang tidak mendukung perangkat saya.

Untungnya setelah mencari beberapa kali, saya menemukan sebuah aplikasi dan ekosistem yang cukup pas. Bahkan bagi saya pribadi, aplikasi ini lebih mudah untuk digunakan plus punya dukungan yang lebih baik dari layanan lainnya.

Nah, penasaran dengan aplikasi yang bisa saya gunakan dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut ini saya akan coba untuk mengulasnya secara lebih rinci.

Aplikasi yang saya maksud di atas adalah AirDroid. Aplikasi yang sudah cukup lama malang melintang di dunia transfer file Android ini, juga memiliki kemampuan untuk me-remote Android dari komputer tanpa bantuan akses root sekalipun.

Dengan menggunakan aplikasi ini, misalnya, kamu bakal bisa mengakses kamera ponsel dari komputer, menggunakan keyboard komputer untuk mengetik di ponsel, menampilkan layar Android ke komputer dan merekamnya, atau mengontrol ponsel dari komputer secara langsung.

Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Sebelum masuk lebih dalam untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa mengunduh terlebih dulu aplikasi AirDroid untuk ponsel dan AirDroid untuk desktop (Windows, Linux, Mac OS) sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan.

Oiya, jangan lupa juga untuk menghubungkan ponsel dan komputer di jaringan internet (Wi-Fi) yang sama, supaya konektivitas di antara keduanya bisa terjadi secara lokal, alias tidak banyak memakan kuota internet (jika memakai jaringan seluler).

Jika sudah, buka aplikasi AirDroid di ponsel, izinkan beberapa hak akses agar fitur dapat digunakan, lalu SIGN IN (masuk) dengan akunmu. Nah, jika kamu belum punya akun, kamu pun bisa mendaftar secara langsung dari aplikasi dengan akun Google atau Facebook yang kamu miliki.

Khusus untuk yang baru membuat akun, jangan lupa juga untuk memverifikasi akun melalui bagian Me (tab yang paling kanan) dan menekan opsi Verify email. Nanti akan ada kode yang dikirim ke email yang kamu daftarkan, yang perlu masukkan ke dalam kolom yang disediakan.

Setelah aplikasi Android siap, jangan tutup aplikasinya dan lanjutkan dengan memasang aplikasi AirDroid di komputer sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan. Tentu saja, caranya bakal sama seperti memasang aplikasi seperti biasanya.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop - Android Step

Jika sudah berhasil terpasang, silakan masuk dengan akun yang sama seperti yang digunakan di aplikasi Android. Jika muncul permintaan akses yang muncul di Android, jangan lupa untuk menekan tombol Accept supaya kedua perangkat benar-benar bisa terhubung.

Setelah sudah siap, cari dan klik tombol berbentuk teropong yang terletak di panel sebelah kiri aplikasi komputer. Selanjutnya, pilih opsi Screen Mirroring yang muncul di halaman selanjutnya. Jika muncul permintaan izin di ponsel, pilih opsi START NOW.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop - Desktop Step

Jika berhasil, kamu seharusnya sekarang sudah bisa menampilkan layar Android di komputer, baik saat menjalankan game atau memutar video. Kamu juga bisa membukanya dengan ukuran yang lebih besar dengan mengetuk ikon kotak yang ada anak panahnya di pojok kanan atas aplikasi.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba fitur-fitur yang lainnya, seperti fitur untuk mengakses galeri, kontak, file dan lain sebagainya. Kamu juga bakal menjumpai tombol melayang di layar komputer, yang apabila diklik bakal menunjukkan pemberitahuan yang ada di ponsel.

Tinggalkan Komentar