Tips dan Trik

3 Cara Mengecek IMEI dari HP Samsung yang Kamu Miliki

Cara Mengecek IMEI HP Samsung Header

Gadgetren – IMEI atau International Mobile Equipment Identity (IMEI) merupakan nomor identitas yang dimiliki oleh setiap smartphone setelah dijual di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Dengan hadirnya IMEI ini memungkinkan setiap smartphone dapat dibedakan dengan smartphone lainnya. Baru-baru ini pemerintah Indonesia bahkan akan mengesahkan sistem pemblokiran smartphone ilegal dengan menggunakan pada tanggal 17 Agustus 2019.

Hal inilah yang membuat sebagian orang, termasuk pengguna smartphone Samsung di Indonesia ingin mengecek nomor IMEI miliknya. Untuk itu, bagi kamu pengguna Samsung yang ingin mengecek nomor IMEI maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Cek IMEI Samsung Menggunakan Kode Dial

  1. Pada halaman home screen, kamu dapat menuju aplikasi Phone atau Telepon
  2. Pada aplikasi ini, kamu dapat mengetikkan kode #*06# dan menekan tombol Call/OK/Yes
  3. Selanjutnya, kotak dialog IMEI akan langsung terlihat
  4. Jika sudah selesai maka kamu bisa menutup kotak dialog tersebut

Bisa dibilang cara menggunakan kode ini merupakan yang paling umum digunakan oleh pengguna HP di berbagai negara. Selain mudah digunakan, memang kode ini dapat dipakai oleh semua smartphone di dunia.

Melihat di Dus Penjualan

Semua smartphone yang dijual saat ini akan mencatat nomor IMEI yang dimiliki pada bagian informasi boks penjualan. Maka dari itu kamu dapat langsung mengambil dus HP Samsung yang dimiliki lalu melihat bagian belakangnya. Nantinya akan terdapat nomor IMEI yang dimiliki oleh HP Samsung tersebut

Sebagai catatan, banyaknya jumlah nomor IMEI akan tergantung dengan jumlah slot kartu SIM yang dimiliki. Saat ini rata-rata HP Samsung yang resmi dijual di Indonesia mempunyai dua kartu SIM sehingga memiliki dua nomor IMEI.

Melalui About Phone

  1. Pertama, kamu dapat masuk ke menu atau aplikasi Settings di HP atau smartphone Samsung
  2. Kemudian, kamu dapat langsung memilih menu About Phone pada halaman Settings
  3. Pada halaman About Phone akan langsung terlihat nomor IMEI yang dimiliki

Bisa dibilang ini merupakan salah satu cara yang cukup mudah juga untuk mengetahui nomor IMEI. Sementara itu, biasanya cara yang paling sering digunakan oleh banyak orang adalah menggunakan kode dan melihat pada dus karena sangat cepat dilakukan.

Tinggalkan Komentar