Gadget Smartphone

6 Kelebihan dan 4 Kekurangan Samsung Galaxy Note 10 – Flagship Baru Samsung Yang Menarik

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note 10 Header

Gadgetren – Kabar baik bagi kamu pecinta Samsung Galaxy Note Series. Samsung baru saja meluncurkan Samsung Galaxy Note 10 yang merupakan generasi terbaru dari keluarga smartphone flagship tersebut.

Perangkat yang hadir sebagai versi reguler ini memiliki spesifikasi hingga fitur yang lebih baik dari pendahulunya. Tidak hanya dari piranti kerasnya, melainkan juga pada piranti lunaknya.

Namun tidak bisa dipungkiri, perangkat flagship dari Samsung ini bukan perangkat yang sempurna. Meskipun memiliki beberapa kelebihan, ada beberapa hal yang ditiadakan oleh Samsung dalam perangkat yang satu ini. Apa saja itu?

Secara umum, beberapa hal yang ditiadakan tersebut, bisa jadi tidak masalah bagi sebagian orang. Namun di sisi lain, bisa jadi bisa menjadi hal yang cukup penting bagi orang lain.

Supaya lebih komprehensif, berikut ini saya akan mencoba menjabarkannya melalui kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Note 10 berdasarkan spesifikasi teknis yang dimilikinya.

Kelebihan Samsung Galaxy Note 10

1. Layar Menakjubkan

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note 10 Layar

Galaxy Note 10 menggunakan layar yang sama dengan Galaxy S10 Series. Dalam layar 6,3 incinya, Samsung telah menyematkan teknologi layar terbarunya, Dynamic AMOLED – teknologi layar yang sudah mendukung HDR10+.

Berbekal teknologi anyar ini, perangkat Galaxy Note 10 dapat dipastikan mampu menampilkan gambar yang lebih baik selayaknya menonton televisi, saat digunakan menonton video, bermain game, ataupun untuk menjalani aktivitas ringan lainnya.

2. Kinerja Jangan Ditanya

Samsung juga membekali Galaxy Note 10 dengan chipset seri tertinggi, baik itu Qualcomm Snapdragon 855 atau Samsung Exynos 9825 (tergantung pasarnya). Dengan chipset ini, kamu tidak perlu takut untuk menjalankan berbagai macam aplikasi atau multi-tasking sekalipun.

3. Dukungan Game yang Lebih Baik

Menanggapi semakin banyaknya “smartphone gaming” yang sudah mulai bermunculan, Galaxy Note 10 akhirnya juga fokus ke bidang tersebut. Perangkat ini telah dilengkapi dengan dukungan game yang lebih baik dan lebih lengkap.

Selain menawarkan chipset yang bertenaga, Samsung mengkonfirmasi bahwa mereka juga menyematkan sebuah pipa udara – yang saat ini diklaim tertipis di dunia – untuk membuang panas berlebih saat chipset dipacu dengan keras.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note 10

Galaxy Note 10 juga dilengkapi dengan dukungan Game Mode, yang bakal dioperasikan oleh sistem kecerdasan buatan. Samsung menyebutkan mode ini bisa meningkatkan kinerja perangkat hingga 10 persen lebih baik.

PlayGalaxy Link P2P juga hadir ke perangkat ini. Berbekal PlayGalaxy Link P2P, kamu bisa mengontrol permainan video yang ada di komputermu melalui perangkat Galaxy Note 10. Bahkan mirip seperti Stadia, kamu bisa memainkannya saat kamu berada di tempat berbeda.

Game Launcher, aplikasi peluncur khusus game buatan Samsung, juga mendapatkan peningkatan yang cukup lumayan. Selain akan bekerja mengoptimasi sistem, aplikasi ini kini mendukung Discord – layanan chat khusus game – secara tertanam.

4. Kamera Mumpuni

Didukung oleh kemampuan kamera yang mirip dengan Galaxy S10, kamera dengan konfigurasi wide (main) 12 MP (f/1.5-2.4) + telephoto 12 MP (f/2.1) + ultra-wide 16 MP (f/2.2), Galaxy Note 10 juga bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan fotografimu.

Dengan lensa utamanya, misalnya, kamu bisa menangkap gambar dengan lebih baik di berbagai macam kondisi, karena lensa tersebut memiliki aperture ganda yang bisa menyesuaikan diri.

Dengan lensa telephoto-nya, kamu bisa mengambil obyek yang terletak cukup jauh. Atau dengan kamera ultra-wide-nya, kamu bisa mengambil gambar dengan sudut yang lebih luas.

5. S-pen yang Ditingkatkan

Selain fitur dasar yang masih dipertahankan, S-pen Galaxy Note 10 membawa beberapa fitur tambahan. Selain S-Pen remote, perangkat ini kini mendapatkan tambahan sensor 6-axis, termasuk akselerometer dan giroskop.

Samsung Galaxy Note 10 SPen

Dengan tambahan ini, kamu bisa menggunakan fitur bernama Air Action, yang akan mengizinkanmu mengontrol perangkat dari jarak jauh, hanya dengan mengayunkan S-pen di udara, dengan gerakan tertentu.

6. Link to Windows dan Dex yang Berguna

Berkat kerja sama baru antara Samsung dan Microsoft, kini kamu bisa lebih mudah menghubungkan Galaxy Note 10 dengan komputer berbasis Windows. Fitur bernama Link to Windows ini memungkinkan penerusan notifikasi, olah pesan dan akses galeri dari PC, tanpa perlu mengangkat teleponmu.

Samsung DeX pun juga memperoleh beberapa polesan. Bagi yang belum tahu, Samsung DeX merupakan sebuah ekosistem yang diciptakan oleh Samsung untuk membuat perangkat Galaxy miliknya menjadi seperti desktop atau komputer.

Kekurangan Samsung Galaxy Note 10

1. Spesifikasi Kamera Depan yang Diturunkan

Meskipun membawa kamera utama yang sama dengan Galaxy S10, kamera depan Galaxy Note 10 mengalami pemangkasan. Dengan ukurannya yang lebih kecil, perangkat ini menawarkan aperture yang lebih kecil dibanding Galaxy S10.

Sama-sama mengusung kamera dengan resolusi 10 MP, Galaxy Note 10 memanfaatkan lensa dengan aperture f/2.2, padahal Galaxy S10 yang hadir sebelumnya sudah menggunakan aperture f/1.9.

Secara sederhana, Galaxy S10 bakal bisa menangkap momen dengan lebih baik meskipun saat digunakan di dalam ruangan maupun di kondisi kurang cahaya.

2. Sensor Heartrate, SpO2 dan Iris Scanner Hilang

Berbeda dari generasi sebelumnya, Galaxy Note 10 menghilangkan beberapa sensor yang penting tapi tidak begitu penting, seperti Sensor Heartrate, SpO2 dan Iris Scanner. Tentu saja, ini bisa menjadi kekurangan bagi kamu yang sering memanfaatkan fitur ini.

3. Jack Audio Tidak Ada

Hampir sama dengan kebanyakan smartphone yang meluncur sekarang ini, perangkat seri tertinggi Samsung ini juga hadir tanpa adanya jack audio. Namun meskipun demikian, Samsung telah melengkapinya dengan jack audio to USB Type-C.

Hanya saja, dengan menggunakan jack audio berbentuk OTG tersebut, dapat dipastikan kamu tidak akan bisa melakukan pengisian daya lewat USB jika kamu sedang mendengarkan musik.

5. Tidak Mendukung MicroSD

Berbeda dengan Galaxy Note 10+, kamu tidak akan menjumpai slot MicroSD di perangkat ini. Untuk itu, kamu harus mempertimbangkannya jika kamu memiliki data yang cukup banyak meskipun sebenarnya memori internal Galaxy Note 10 tidak kecil.

Tinggalkan Komentar