Tips dan Trik

Cara Blokir Konten Dewasa YouTube di Berbagai Macam Perangkat

Cara Blokir Konten YouTube Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Agar terhindar dari konten-konten yang tidak pas di YouTube, khususnya konten dewasa, kita bisa menggunakan fitur Mode Terbatas atau Restricted Mode yang sudah ada untuk memblokirnya.

Mode Terbatas merupakan sebuah pengaturan opsional yang bisa digunakan untuk menyaring konten-konten yang berpotensi berisi materi dewasa. Dengan fitur ini kita bisa memblokir konten tersebut supaya tidak terlihat atau untuk menyembunyikannya dari orang lain, seperti anak-anak.

Google, selaku pemiliknya sekarang, telah menerapkan beberapa indikator, dari mulai judul video, deskripsi, metadata, ulasan Pedoman Komunitas, dan pembatasan usia, untuk mengidentifikasi dan menyaring konten video dewasa.

Namun perlu disebutkan, hasilnya bisa saja berbeda-beda untuk setiap wilayah. Hal ini karena sistem penyaringan ini juga disesuaikan dengan norma yang berlaku dan sensitivitas budaya pada masing-masing wilayah.

Dengan tersedianya banyak akses menuju layanan video online ini, Mode Terbatas pun dapat berfungsi pada semua level, dari mulai browser hingga perangkat. Hanya saja, supaya dapat digunakan, pengguna perlu mengaturnya satu per satu, termasuk untuk masing-masing akun.

Cara Memblokir Konten Dewasa YouTube di Browser Komputer

Untuk mengaktifkannya di browser, pengguna bisa mengaktifkannya secara langsung setelah membuka beranda YouTube. Dari halaman utama tersebut, pengguna bisa mengetuk foto profil di pojok kanan atas.

Cara Blokir Konten YouTube Browser

Saat muncul beberapa menu pilihan, selanjutnya ketuk opsi Restricted Mode dan tekan ACTIVATE RESTRICTED MODE. Pada menu ini juga, pengguna bisa menonaktifkan Mode Terbatas jika sudah tidak diperlukan.

Cara Memblokir Konten Dewasa YouTube di Android

Sedikit berbeda dari browser, pengguna Android bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Mode Terbatas dengan mengetuk foto profil di pojok kanan atas halaman utama. Dari halaman tersebut, kemudian pilih Settings dan masuk ke bagian General.

Cara Blokir Konten YouTube Android

Di bagian pengaturan ini, pengguna bisa mengetuk tombol slider pada opsi Restricted Mode ke posisi on jika ingin mengaktifkan Mode Terbatas atau mengetuknya ke posisi off jika ingin menonaktifkannya.

Cara Memblokir Konten Dewasa YouTube di iOS

Hampir sama dengan pengguna Android, pengguna iOS juga bisa menemukan pengaturan Mode Terbatas dengan mengetuk foto profil, lalu memilih Settings. Dari halaman tersebut, kemudian mereka dapat mengetuk opsi Restricted Mode Filtering.

Selanjutnya di halaman pengaturan tersebut, pengguna bisa memilih Strict untuk mengaktifkan Mode Terbatas, atau memilih Don’t filter untuk menonaktifkannya.

Cara-cara di atas hanya sebagian cara yang bisa digunakan oleh pengguna untuk membatasi apa yang akan ditonton. Namun jika hal tersebut akan digunakan untuk anak-anak, mendampingi mereka merupakan langkah yang paling efektif supaya mereka tidak mengakses konten yang tidak pas.

Tinggalkan Komentar