ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Mengambil Screenshot di Semua iPhone Baru, Termasuk iPhone X, XR, XS, dan XS Max

Cara Screenshot iPhone XR XS Max header

Gadgetren – Selama beberapa generasi, Apple meluncurkan perangkat iPhone tanpa tombol navigasi (home) di bagian depannya. Beberapa perangkat tersebut di antaranya adalah iPhone X, XR, XS, dan XS Max.

Pada beberapa perangkat baru tersebut, Apple memang membawa desain layar yang cukup baru – dengan layar penuh berponi di bagian atasnya, yang menginspirasi sebagian besar perusahaan smartphone untuk ikut menggunakannya.

Namun sebagai akibatnya, banyak orang yang kebingungan untuk melakukan screenshot pada beberapa perangkat tersebut. Hal ini karena pada beberapa perangkat lama, dari iPhone 8 sampai iPhone versi sebelumnya, mereka hanya perlu menekan tombol volume atas dan home.

Padahal jika diperhatikan dengan seksama, untuk melakukan screenshot di perangkat-perangkat layar berponi tersebut sangat mudah untuk dilakukan, walaupun tanpa tombol home di bagian layarnya. Lalu, bagaimana cara melakukannya?

Cara Melakukan Screenshot di Perangkat iPhone X, XR, XS, dan XS Max

  1. Buka layar yang akan di-screenshot
  2. Jika sudah, tekan Side Button (tombol yang berada di samping kanan) bersamaan dengan tombol volume atas
  3. Saat muncul jendela preview (gambar mini) di sebelah kiri bawah, lepaskan kedua tombol tersebut
  4. Jika ingin mengeditnya, seperti menambahkan gambar atau tulisan, ketuk gambar mini tersebut
  5. Atau bagi yang ingin secara langsung membagikan hasil screenshot tersebut, pengguna juga bisa menekan gambar mini tersebut
  6. Namun, jika ingin menutup gambar mini tersebut, pengguna dapat menggesernya ke arah kiri

Setelah berhasil melakukan screenshot, pengguna dapat melihat dan mengedit hasilnya melalui aplikasi Foto. Dari aplikasi tersebut kemudian masuk ke bagian Album, lalu pilih Gambar layar.

Sebagai tambahan informasi, Apple baru-baru ini telah meluncurkan iOS 13 versi beta ke publik. Sistem baru ini tentunya akan hadir untuk berbagai macam perangkat buatan Apple, termasuk iPhone X, XR, XS dan XS Max di antaranya.

Namun tidak usah khawatir, meskipun sistem baru ini membawa peningkatan dan berbagai macam fitur baru di dalamnya, tampaknya cara untuk mengambil screenshot di berbagai macam perangkat tersebut pun akan tetap sama.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar