ASUS TUF Gaming FX507
Berita

MediaTek Umumkan Helio P65 Octa-Core, Chipset Bertenaga untuk Smartphone Kelas Menengah

MediaTek Helio Feature

Gadgetren – Sebagai saingan dari Qualcomm untuk produsen chipset di smartphone kelas menengah, MediaTek selalu melakukan inovasi terhadap chipset buatannya.

Menariknya, MediaTek baru saja mengumumkan chipset terbarunya yang bernama Helio P65. Chipset ini dibuat dengan menggunakan teknologi proses 12nm dan arsitektur Octa-Core sehingga mampu menghasilkan performa bertenaga dan hemat dalam mengonsumsi daya baterai.

Helio P65 Octa-Core ini mempunyai konfigruasi yang terdiri dari Dual-Core CPU ARM Cortex-A75 hingga 2 GHz dan Hexa-Core CPU Cortex-A55 hingga 1,7 GHz ke dalam sebuah cluster cache L3 besar sehingga mampu menghasilkan kinerja yang bertenaga.

Chipset ini juga didukung teknologi komputasi heterogen MediaTek, CorePilot, yang mempunyai fitur-fitur pintar seperti pengelolaan suhu cerdas, analisis tabiat pengguna, penjadwalan cerdas, konsistensi kerja yang baik, dan memberikan pengalaman game bagi pengguna ke level yang lebih tinggi.

Sementara itu, Helio P65 ini juga didampingi GPU ARM Mali-G52 yang mampu menyediakan pengalaman bermain game yang lebih baik bagi pengguna smartphone yang senang bermain game mobile. Pihak MediaTek mengklaim bahwa GPU ini memiliki performa yang 25 persen lebih tinggi dibandingkan dengan chipset Octa-Core generasi sebelumnya.

MediaTek juga mengungkapkan bahwa Helio P65 ini mempunyai fitur utama yang terdiri dari perintah suara yang sudah terintegrasi, ukuran chipset kecil yang dirancang dan dioptimalkan untuk memperpanjang umur baterai.

Untuk memanjakan pengguna smartphone dengan chipset ini dalam menonton video, mendengarkan musik, maupun bermain game, MediaTek pun sidah meningkatkan kualitas suara yang mampu dihasilkan Helio P65.

Soal urusan fotografi, chipset Helio P65 ini memiliki dukungan dua kamera dengan kombinasi resolusi maksimal mencapai 16 MP + 16 MP. Chipset ini pun memberikan dukungan kualitas foto yang bagus ketika mengambil menggunakan lensa ultra-wide maupun telephoto.

Mengikuti tren saat ini, MediaTek Helio P65 juga mendukung smartphone dengan kamera yang mampu menghasilkan foto 48 MP (4-cell) sehingga kualitasnya lebih baik. Chipset ini juga mempunyai ISP yang aman untuk fitur Face Unlock dengan tingkat keamanan yang ditingkatkan dibandingkan generasi sebelumnya.

Helio P65 juga mendapatkan peningkatan pada Inertial Navigation System sehingga membuat pengguna smartphone mendapatkan informasi posisi yang lebih akurat, meskipun sedang berada di dalam ruangan, bawah tanah, maupun dalam terowongan.

Dari segi jaringan, chipset terbaru MediaTek ini telah mendukung dual 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11ac, dan Bluetooth sehingga mampu menberikan konektivitas yang baik pada pengguna smartphone. Sayangnya belum diketahui smartphone apa yang akan menggunakannya, namun pihak MediaTek mengatakan bahwa Helio P65 sedang dalam tahap produksi masasal dan akan tersedia pada bulan Jui 2019.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar