ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik

Bagaimana Cara Menampilkan Nama Operator di MIUI 10?

Cara Menampilkan Nama Operator di MIUI 10 Header

Gadgetren – Setelah upgrade ke MIUI 10, banyak pengguna bingung mencari letak pengaturan untuk menampilkan nama operator di bilah status smartphone-nya. Lalu, di mana pengaturan tersebut berada?

Seperti halnya Google yang senantiasa meningkatkan sistem Android dengan meluncurkan Android versi baru, Xiaomi juga sangat rajin meluncurkan pembaruan untuk sistem khusus buatannya, yakni MIUI.

Sebagai sistem yang paling baru, perusahaan elektronika yang berasal dari Negeri Tirai Bambu tersebut, secara resmi meluncurkan MIUI 10 untuk memberikan berbagai macam peningkatan dan perbaikan ke dalam setiap perangkat yang mendukungnya.

Secara lebih khusus, MIUI 10 menawarkan kinerja yang lebih bagus, konsumsi baterai yang lebih hemat, desain yang lebih baru, peningkatan fitur, serta berbagai macam peningkatan lainnya.

Namun sayangnya, meskipun memperoleh peningkatan yang cukup signifikan, sistem operasi yang juga ditawarkan ke perangkat lawas Xiaomi ini juga memiliki beberapa kekurangan. Selain lebih gencar menampilkan iklan, tidak adanya pengaturan nama operator di bilah notifikasi juga menjadi isu bagi beberapa pengguna.

Lalu, Bagaimana Cara Menampilkan Nama Operator di MIUI 10?

Berbeda dengan MIUI 9 yang menyediakan pengaturan untuk menampilkan nama operator di bilah status, MIUI 10 tidak dilengkapi dengan pengaturan khusus ini. Atau singkatnya, para pengguna tidak bisa memasang nama operator di bilah status.

Xiaomi sendiri tidak mengungkapkan secara pasti mengapa hal tersebut dilakukan, tetapi beberapa pengguna MI Forum berpendapat bahwa hal tersebut dikarenakan MIUI 10 disesuaikan dengan kebanyakan perangkat Xiaomi, yang sudah mulai menggunakan layar berponi.

Kabar baiknya, meskipun pengaturan untuk bilah status di hilangkan, pengguna masih bisa menggunakan nama operator secara khusus di bilah status pada layar kunci (lock screen). Bahkan masih sama dengan MIUI 9, mereka pun diizinkan untuk mengganti namanya sesuai kehendak pengguna.

Dalam hal ini, pengguna hanya perlu masuk ke bagian Settings di perangkatnya. Setelah itu, mereka bisa memilih opsi Notifications & status bar. Selanjutnya pengguna bisa mengaktifkan Show carrier when device is locked. Atau untuk mengganti nama, pengguna bisa memilih Edit carrier name.

Sementara itu, saat ini pun Xiaomi sedang mengembangkan MIUI 11, yang bakal menjadi sistem operasi unik dan baru. Semoga melalui sistem baru ini, mereka mengembalikan pengaturan nama operator, mengingat perangkat masa depan didominasi oleh layar yang benar-benar penuh tanpa poni.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar