ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Membatasi dan Memblokir Pengguna Hotspot di Android

Cara Membatasi Hotspot Smartphone Header [Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Tethering melalui Wi-Fi merupakan fitur dasar yang hampir dimiliki semua smartphone Android. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat lebih mudah berbagi koneksi ke perangkat lain.

Secara khusus, setiap perusahaan pengembang smartphone menggunakan istilah berbeda untuk menamai fitur ini. Beberapa perusahaan menggunakan istilah personal hotspot (hotspot pribadi), sementara yang lain menggunakan mobile hotspot (hotspot seluler) atau istilah lainnya.

Namun meskipun berbeda istilah, fitur ini memiliki sistem dan cara kerja yang sama. Agar bisa digunakan sebagai router portable, fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu, dengan menambahkan kata sandi atau PIN jika ingin mengamankannya.

Menariknya, pada beberapa perangkat, terutama perangkat dengan sistem operasi baru, pengguna bisa menambahkan pengaturan untuk membatasi jumlah pengguna yang bisa terhubung dengan fitur hotspot tersebut.

Salah satu contohnya terdapat pada Xiaomi Redmi 5A. Di perangkat yang sempat menjadi raja baru di kelas entri ini, pengguna bisa mengatur jumlah pengguna melalui pengaturan Personal Hotspot-nya.

Dalam hal ini, pengguna hanya perlu masuk ke Settings, kemudian masuk ke menu Personal Hotspot. Dari menu tersebut, lalu pilih opsi Connected Devices dilanjutkan dengan opsi Limit of connected devices. Selanjutnya, pengguna bisa memilih angka yang tertera sesuai dengan jumlah yang diinginkan.

Sementara itu, untuk para pengguna perangkat yang tidak memiliki pengaturan ini, pengguna bisa melakukannya dengan mengaktifkan mode Allowed device only. Mode ini biasanya menjadi fitur dasar dalam personal atau mobile hotspot.

Cara Mengaktifkan Mode Allowed Device Untuk Membatasi Pengguna Hotspot di Android

Mode Allowed devices only bisa ditemukan di pengaturan personal atau mobile hotspot. Namun, karena setiap perangkat punya sistemnya masing-masing, lokasi atau penempatan opsi Allowed devices sangat berbeda-beda.

Cara Membatasi Hotspot Smartphone Allowed Device

Seperti misalnya pada beberapa perangkat Samsung, opsi tersebut bisa ditemukan pada Settings, kemudian Connections, lalu Mobile Hotspot and Tethering. Selanjutnya, pengguna bisa membuka Mobile Hotspot, kemudian memilih menu lainnya (ikon titik tiga) dan memilih Allowed devices.

Namun sebelum mengaktifkannya, pengguna harus menambahkan dulu perangkat-perangkat yang dipercaya. Caranya, sebelum mengaktifkan Allowed devices, masuk ke bagian Hotspot user atau Device connected.

Dari bagian tersebut, kemudian ketuk pada salah satu perangkat yang terhubung, lalu tekan Add untuk menambahkannya ke perangkat yang dipercaya. Selanjutnya setelah selesai, pengguna bisa mengaktifkan mode Allowed devices.

Cara Memblokir Pengguna Hotspot yang Tidak Diinginkan di Android

Selain dengan menggunakan cara di atas, pengguna juga bisa memblokir perangkat yang tidak diinginkan untuk membatasi pengguna hotspot dari smartphone miliknya. Dalam hal ini, pengguna hanya perlu masuk ke bagian Hotspot user atau Device connected.

Cara Membatasi Hotspot Smartphone Blokir

Dalam halaman yang menampilkan perangkat yang terkoneksi dengan hotspot yang dibuat tersebut, pengguna bisa memilih perangkat yang dicurigai atau tidak diinginkan, lalu selanjutnya mereka bisa menekan tombol hapus atau block.

Dengan beberapa cara ini, para pengguna bisa mengamankan koneksi hotspot yang dibuatnya. Selain itu, mereka juga bisa lebih menghemat data, karena jumlah penggunanya tidak terlalu banyak atau koneksinya tidak dicuri oleh pengguna lain.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar