Tips dan Trik

3 Cara Lengkap Untuk Mengambil Screenshot di Samsung Galaxy A30

Cara Screenshot Samsung Galaxy A30 Header

Gadgetren – Hadirnya Samsung Galaxy A30 membawa beberapa pertanyaan. Selain mengenai spesifikasi dan harganya, banyak orang yang bertanya-tanya mengenai cara menggunakan fitur screenshot di dalamnya.

Seperti yang kita tahu, Galaxy A30 merupakan salah satu perangkat Samsung yang mengusung desain Infinity-U Display. Dengan desain ini, Galaxy A30 memiliki layar luas yang benar-benar memenuhi bagian depan dengan notch kecil di bagian atas.

Berkat desain ini, Samsung pun menghilangkan tombol fisik di bagian depan Galaxy A30 dan menggantinya dengan soft key, seperti yang dilakukan oleh kebanyakan perusahaan pada smartphone baru saat ini.

Namun sayangnya, tampilan baru ini menimbulkan sebuah pertanyaan bagi sebagian orang. Bagaimana cara mengambil screenshot jika tombol Home fisik dihilangkan? Padahal seperti yang kita tahu, untuk mengambil screenshot di perangkat Samsung lawas membutuhkan tombol fisik power dan home.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini tips dan trik lengkap cara mengambil screenshot di Galaxy A30 dari yang menggunakan tombol fisik, dengan usapan layar, atau cara mengambil screenshot panjang.

Cara Screenshot di Samsung Galaxy A30

1. Menggunakan Tombol Fisik

Pertama, screenshot di Galaxy A30 bisa dilakukan dengan cara umum yang berlaku pada sebagian besar perangkat Android. Pengguna hanya perlu menekan beberapa saat tombol volume down bersamaan dengan tombol power sampai layar berkedip dan muncul beberapa opsi manajemen screenshot.

2. Dengan Mengusap Layar

Jika cara pertama dirasa sulit karena tombol volume dan power berada dalam satu sisi, maka pengguna Galaxy A30 juga bisa mengambil screenshot dengan memanfaatkan fitur Palm Swipe to capture. Dengan fitur ini, pengguna hanya perlu mengusap layar dengan telapak tangan untuk mengambil screenshot.

Namun, agar bisa menggunakan fitur default dari sistem One UI tersebut, pengguna harus memastikan bahwa fitur tersebut telah diaktifkan. Pengguna bisa mengeceknya pada Settings, lalu cari Palm Swipe to capture menggunakan fitur pencarian. Jika sudah, masuk ke pengaturan tersebut dan pastikan fiturnya aktif.

3. Mengambil Screenshot Panjang

Sebagai tambahan, bagi pengguna yang ingin mengambil screenshot panjang untuk menangkap halaman web dari atas hingga bawah, pengguna bisa menekan opsi Scroll Capture yang muncul setiap kali berhasil mengambil screenshot.

Sementara itu, setiap screenshot yang berhasil akan tersimpan ke memori perangkat. Untuk membukanya, pengguna bisa mengunjungi aplikasi Samsung Galery yang sudah ada secara mendasar di setiap perangkat Samsung.

Tinggalkan Komentar