ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Samsung Galaxy S10 vs Galaxy S9 – Apa Saja Perubahannya?

Samsung Galaxy S10 vs Galaxy S9 Feature

Gadgetren – Galaxy S10 merupakan smartphone flagship terbaru Samsung yang mempunyai spesifikasi hardware dan fitur yang memikat banyak orang.

Layar penuh Galaxy S10 mengusung Infinity-O Display tanpa hadirnya poni melainkan punch hole di bagian kanan atasnya. Selain itu, ponch hole ini berhasil membuat bezel Galaxy S10 lebih tipis dibandingkan dengan Galaxy S9.

Banyak orang yang penasaran dengan apakah terjadi perubahan yang berarti dibandingkan dengan Galaxy S9. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Samsung Galaxy S10 vs Galaxy S9

Layar

Samsung Galaxy S10 ini menggunakan desain Infinity-O Display yang memenuhi bagian depan dengan punch hole. Sementara Galaxy S9 memakai desain Infinity Display tanpa poni maupun punch hole, namun mempertahankan bezel di bagian atasnya.

Bisa dibilang Galaxy S10 memiliki bezel atas dan bawah yang lebih tipis dibandingkan dengan Galaxy S9. Meskipun layar Galaxy S10 mempunyai lebar 6,1 inci yang lebih lebar dibandingkan dengan 5,8 inci milik Galaxy S9, namun dimensinya tidak jauh berbeda karena bezelnya sangat tipis.

Layar Galaxy S10 menggunakan teknologi Dynamic AMOLED, resolusi Quad HD+ (3040 x 1440 piksel), dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 6. Sementara layar Galaxy S9 menggunakan teknologi Super AMOLED, resolusi Quad HD+ (2880 x 1440 piksel), dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5.

Performa

Galaxy S10 memiliki chipset Exynos 9820 Octa-core 2,73 GHz yang lebih bertenaga dibandingkan Exynos 9810 Octa-core 2,7 GHz milik Galaxy S9. Apabila Galaxy S10 hadir dengan RAM 8 GB dan ROM 128 GB, berbeda dengan Galaxy S9 yang menggunakan RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

Baterai

Galaxy S10 mempunyai baterai dengan kapasitas 3400mAh yang lebih besar dibandingkan dengan Galaxy S9 dengan baterai 3000mAh. Bisa dibilang daya tahan baterai Galaxy S10 di atas kertas seharusnya lebih lama dibandingkan Galaxy S9.

Kamera

Kamera Galaxy S10 lebih bagus dibandingkan dengan Galaxy S9. Hal ini terbukti dengan penggunaan 3 kamera belakang 12 MP + 12 MP + 16 MP dan kamera depan 10 MP pada Galaxy S10. Sementara Galaxy S9 hanya menggunakan kamera belakang 12 MP dan kamera depan 8 MP.

Fitur Lainnya

Kedua smartphone ini sama-sama dibekali dengan port USB Type-C, Samsung DeX, Bixby, NFC, Bluetooth, GPS, WiFi, Fast charging, Wireless charging, dan Android 9 Pie dengan tampilan One UI. Apabila Galaxy S10 menggunakan sensor fingerprint di dalam layar, berbeda dengan Galaxy S9 yang mempunyai sensor fingerprint di bagian belakang.

Harga

Samsung Galaxy S10 ini dijual dengan harga yang mencapai Rp 13 juta dan Galaxy S9 dijual dengan harga Rp 11,5 juta di Indonesia. Bahkan harga Galaxy S9 pun telah turun di Indonesia menjadi Rp 9,5 juta hingga Rp 10,5 juta.

Kesimpulan

Apabila dilihat dari layar, spesifikasi hardware, performa, daya tahan baterai, kamera belakang, kamera depan, dan fitur maka Galaxy S10 menjadi juaranya. Namun apabila dilihat dari harga maka Galaxy S9 bisa menjadi pilihan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar