Berita

Laptop Paling Ramping Sedunia!? ASUS ZenBook 2018 Siap Sambangi Indonesia

ASUS ZenBook UX333 Sneak Peek Header

Gadgetren – Menutup tahun 2018, ASUS tengah mempersiapkan laptop teringkas yang akan dirilis di Indonesia sebentar lagi 

Jejeran laptop tersebut merupakan ZenBook UX333, UX433, dan UX533 yang masing-masing memiliki ukuran layar 13 inci, 14 inci, dan 15 inci secara berurutan. Ketiga laptop yang sebelumnya telah diperkenalkan pada ajang IFA 2018 ini digadang sebagai laptop paling ringks di dunia saat ini. 

Setelah melihat dan memegang secara langsung ZenBook terbaru tersebut, apa yang dikatakan oleh ASUS benar adanya. ZenBook UX433 yang punya layar berukurang 14 inci menghadirkan dimensi yang masih lebih compacct dibandingkan dengan ZenBook 13 inci tahun lalu. 

Hal tersebut memungkinkan berkat layar NanoEdge yang kini punya bezel sangat tipis. Bayangkan saja, ketiga laptop ZenBook tersebut memiliki rasio screen-to-body mencapai 95%, jauh di atas kebanyakan laptop bezel tipis lainnya yang rata-rata sekitar 88% saja. 

Menariknya walaupun layarnya punya bezel tipis, ASUS masih sempat untuk meletakan webcam IR di bagian atas. Seperti yang diketahui beberapa vendor mengakali bezel tipis dengan menyematkan kamera di engsel bawah dan ASUS tidak menginginkan hal tersebut karena sudut pandang yang diberikan kurang nyaman untuk penerima video call.

ASUS ZenBook UX333 Depan

Ketangkasan ASUS dalam menghadirkan sebuah ultrabook tidak berhenti saja. Laptop ZenBook kali ini sudah mengantongi sertifikasi MIL-STD 810G atau lolos uji Military Grade. Itu berarti laptop ini akan cukup tahan banting dan memang terasa sangat kokoh saat saya memegangnya secara langsung. 

Desain engsel ErgoLift yang menurut saya merupakan desain cerdas juga hadir pada seri ZenBook kali ini. Saat dibuka laptop akan mengangkat sebanyak 3 derajat untuk memberikan ruang agar udara lebih mudah terhisap ke sistem pendingin sambil menambahkan kenyamanan saat digunakan. 

Keyboard-nya juga terasa punya travel key yang lebih baik dibandingkan pendahulunya. Namun yang paling menarik perhatian merupakan touchpad-nya yang bisa berubah menjadi tombol numpad bernama NumberPad. Cukup dengan menekat simbol yang ada di pojok kanan atas touchpad, maka nantinya touchpad akan berubah menjadi area NumPad.

ASUS ZenBook UX333 NumberPad

Saat dalam modus NumberPad, touchpad dapat tetap digunakan seperti biasa karena software dapat membedakan pergerakan jari antara menelusuri dengan mengetuk. Sayangnya fitur ini hanya tersedia pada varian Core i7 saja untuk UX333 dan UX433 sedangkan UX533 sudah langsung menghadirkan NumPad fisik. 

Soal spesifikasi, ZenBook terbaru ini pastinya punya performa yang sangat mumpuni. ASUS menyematkan prosesor Intel Core i5-8265U atau Core i7-8565U sebagai otaknya. Di samping itu ada RAM hingga 16GB da penyimpanan SSD PCIe hingga 512GB sedangkan ntuk kemampuan olah grafis, ASUS mempercayakan NVIDIA MX150 untuk model UX333 dan UX433 serta NVIDIA GTX 1050. 

Port yang dihadirkan juga cukup banyak untuk laptop berukuran ramping seperti ini mulai dari USB Type-A, USB Type-C, dan HDMI. Selain itu pastinya ketiga ZenBook ini sudah mendukung teknologi Windows Hello agar proses login lebih aman dan mudah. 

Tertarik? Kamu harus menunggu peluncuran resminya pada bulan Januari 2019 mendatang dengan harga yang sepertinya akan cukup menguras kantong. 

Tinggalkan Komentar