Mading

Bagaimana Smartphone Membantuku dalam Belajar Memasak

Ilustrasi Memasak[Ilustrasi oleh Pixabay]

Gara-gara senang menonton serial TV yang berhubungan dengan masak memasak, saya yang dulunya tidak ada minat untuk memasak kini ingin mencobanya. Namun pertanyaannya adalah, bagaimana saya yang tadinya hanya bisa memasak mie instan berubah menjadi layaknya seorang juru masak?

Untuk dapat belajar memasak, selain peralatan masak yang saya perlukan adalah resep masakan dan teknik memasak. Untungnya di era teknologi informasi ini, untuk mendapatkan informasi tersebut saya cukup mengaktifkan ponsel.

Namun sayangnya ketika saya melakukan pencarian resep masakan di Google, kebanyakan informasi yang disajikan berantakan atau tidak mudah dipahami. Setelah mencari-cari aplikasi yang dapat membantu saya secara lebih spesifik seputar masak-memasak, saya menemukan 2 aplikasi yang sangat membantu yaitu Cookpad dan YouTube.

Cookpad

Cookpad

Sebetulnya saya sudah lama mengetahui tentang Cookpad namun baru ketika saya belajar memasak saya mencobanya. Saya sendiri terkesima dengan mudahnya mendapatkan resep masakan di aplikasi Cookpad ini. Resep masakan ditampilkan dengan jelas dan sederhana tanpa bertele-tele.

Berbagai resep makanan tersedia di Cookpad mulai dari yang ringan-ringan seperti membuat sambal kecap, wedang jahe, hingga membuat olahan cumi.

Informasi resep masakan biasanya dijabarkan dengan cukup jelas mulai dari bahan-bahan yang diperlukan hingga langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memasaknya.

Jika ingin memasak menggunakan resep yang sudah populer, yang mana biasanya resep masakan dibeberkan secara lebih jelas dan hasilnya kemungkinan besar lebih enak, perlu berlangganan Cookpad Premium terlebih dahulu dengan harga yang cukup murah untuk saat ini yaitu Rp9.900 per bulan dari harga normalnya Rp39.900.

Daripada saya asal ikut resep masakan yang kurang jelas dan beresiko membuat masakan yang gagal, harga Cookpad Premium ini terbilang murah sebetulnya.

Walaupun Cookpad memberikan saya informasi yang cukup seputar resep makanan, ada yang masih kurang dalam proses belajar memasak saya yaitu tentang teknik memasak. Bagi saya yang baru dalam tahap belajar, seringkali saya bingung ketika menemukan langkah di resep makanan seperti memotong bawang bombai.

Solusi untuk ini adalah menggunakan aplikasi YouTube yang sudah sangat populer.

YouTube

YouTube selain bermanfaat untuk mengkonsumsi video-video hiburan juga ternyata memiliki koleksi panduan teknik memasak yang melimpah. Mulai dari memotong bawang bombai hingga memanaskan kemiri, ada video demonstrasinya.

Untuk mempelajari teknik memasak, bagi saya lebih mudah jika menggunakan medium visual karena saya dapat langsung memahami caranya dan mengikutinya. Oleh karena itulah aplikasi YouTube adalah pilihan yang lebih pas untuk belajar teknik memasak.

Dengan menggunakan kombinasi YouTube dan Cookpad, saya berhasil membuat masakan “beneran” pertama saya dan rasanya pun enak. Hingga kini dari puluhan masakan yang sudah saya buat dengan bantuan kedua aplikasi tersebut, saya hanya pernah gagal masak 2 kali saja.

Menarik jika melihat 10 tahun lalu belajar memasak dengan dibantu oleh sebuah ponsel adalah hal yang agak tidak mungkin dan tidak umum namun hal tersebut menjadi sangat mungkin berkat kemajuan teknologi informasi.

Tinggalkan Komentar