Tips dan Trik

Mudah Lho! Begini Cara Membuat Stiker Sendiri di WhatsApp!

Cara Membuat Stiker Sendiri di WhatsApp[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Sekarang, kamu bisa menggunakan foto milikmu sendiri untuk digunakan sebagai stiker di aplikasi perpesanan instan WhatsApp. Namun, bagaimana cara untuk melakukannya?

Seperti yang diumumkan sebelumnya, layanan yang di bawah naungan Facebook Inc ini telah meluncurkan fitur stiker pada versi terbaru aplikasinya. Bagi kamu yang belum dapat update dari Google Play Store, bisa mengunduh lewat halaman ini.

Menariknya, selain bisa menggunakan stiker-stiker bawaannya, kamu bisa membuat stikermu sendiri dengan foto-foto yang kamu miliki. Bagi yang belum tahu caranya, simak ulasannya berikut ini.

Cara Membuat Stiker dari Foto Sendiri di WhatsApp

  1. Pertama-tama, hapus background foto menggunakan aplikasi editor foto
  2. Selanjutnya, kamu juga bisa menambahkan teks di dalam foto tersebut dan menyimpannya ke dalam format PNG
  3. Unduh aplikasi Personal Stiker for WhatsApp dari Google Play Store
  4. Buka aplikasi dan pilih tombol ADD pada folder, tempat di mana kamu menyimpan gambarmu semula

Cara Membuat Stiker Sendiri di WhatsApp

Setelah selesai, kamu bisa menggunakan stiker tersebut di WhatsApp seperti biasanya, kamu hanya perlu mengetuk tombol untuk menambah emoji, kemudian memilih ikon stiker di sebelah ikon GIF.

Bagi kamu yang belum tahu cara menghapus background, kamu bisa menggunakan PicsArt Photo Studio untuk melakukannya. Aplikasi ini tersedia secara freemium alias gratis dengan iklan yang bisa dihilangkan dengan berlangganan versi premiumnya.

Melalui aplikasi PicsArt, pilih tombol +, kemudian pilih All Photos untukĀ  mencari foto. Selanjutnya, pilih foto yang akan dijadikan stiker. Setelah terbuka, pada menu di bagian bawah, pilih Cutout.

Selanjutnya, pilih ikon yang sebelah kanan (ikon berbentuk orang). Klik ikon mata yang disilang untuk melihat kerapian pemotongannya. Kamu bisa mengeditnya dengan mengusap bagian yang akan dihapus. Setelah selesai, klik Save.

Cara Membuat Stiker Sendiri di WhatsApp - Hapus Background

Jika kamu berkenan, kamu bisa menambahkan teks atau item lainnya menggunakan menu yang ada di editor foto tersebut. Jika sudah selesai, kamu bisa mengetuk ikon anak panah di pojok kanan atas. Pilih opsi Save as a stiker, dan klik SAVE. Jika muncul beberapa opsi, klik Save dan klik Done.

Perlu diperhatikan, agar dapat digunakan sebagai stiker di WhatsApp, kamu perlu membuat paling tidak tiga stiker. Selain itu, kamu harus menggunakan aplikasi versi terbaru dari WhatsApp, yakni versi 2.18.339. Ingat, versi terbaru di Google Play Store belum tentu versi tersebut.

Tinggalkan Komentar