Tips dan Trik

Cara Mudah Mengubah File Gambar Berformat JPG ke PDF

Cara Mengubah File JPG ke PDF Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, mengubah format file ke bentuk lain sangat mudah untuk dilakukan, termasuk untuk mengubah file berformat gambar ke PDF.

Hal ini cukup penting untuk dilakukan, mengingat saat kita menggunakan sistem scan untuk mengubah dokumen ke bentuk digital, biasanya format hasil scanning tersebut berbentuk gambar, padahal tak jarang kita butuh untuk mengirimkan dokumen dalam bentuk PDF.

Oleh karena itu, bagi kamu yang belum tahu cara mengubah file gambar ke bentuk PDF, kamu dapat mengikuti langkah-langkah cara mengubah file gambar berformat JPG ke PDF dalam ulasan berikut ini.

Cara Mengubah File Gambar Format JPG ke PDF

  1. Pertama-tama, kamu membutuhkan aplikasi editor file PDF, dalam hal ini saya menggunakan Microsoft Word 2016.
  2. Buka aplikasi Microsoft Word yang kamu miliki.
  3. Selanjutnya pilih tab Insert, dan pilih Pictures di bagian Illustration.
  4. Jika muncul File Explorer, cari lokasi dan pilih gambar yang ingin kamu eksport ke PDF dengan mengetuknya dua kali.
  5. Selanjutnya atur ukuran gambar tersebut dan sesuaikan juga layout halaman dari Microsoft Word, apakah itu Landscape atau Portrait.
  6. Setelah selesai mengaturnya, klik File di pojok kiri atas layar.
  7. Kemudian pilih Export dan pilih tombol Create PDF/XPS Document di menu Create PDF/XPS Document.
  8. Tentukan lokasi penyimpanan PDF, tulis nama file di kolom File name dan pastikan Save as type menunjukan PDF.
  9. Terakhir Klik Publish.

Sebenarnya, dengan menggunakan langkah-langkah di atas, kamu tidak hanya bisa mengubah gambar berformat JPG ke PDF, tetapi kamu juga bisa mengubah gambar yang memiliki format lain yang formatnya juga didukung oleh aplikasi Microsoft Word.

Selain itu, kamu pun bisa menggunakan aplikasi editor tulisan lain selain Microsoft Word untuk melakukan hal ini, salah satu contohnya kamu bisa menggunakan WPS Office yang memiliki tampilan yang cukup mirip.

Tentu saja, dengan tampilan mirip ini, kamu dapat menggunakannya untuk mengubah file gambar ke bentuk PDF dengan langkah yang kurang lebih mirip, dengan perbedaan di penamaan atau lokasi dari tombol.

Kamu juga bisa menggunakan Smallpdf untuk melakukan hal ini. Kamu hanya perlu mengunggah file gambar yang kamu miliki ke halaman https://smallpdf.com/id/jpg-ke-pdf, dan mengunduhnya dalam format PDF jika telah selesai.

Namun bagi kamu yang menggunakan perangkat mobile, kamu bisa menggunakan aplikasi CamScanner untuk memindai dokumen pentingmu. Aplikasi yang tersedia gratis di toko aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk mengubah langsung tangkapan kamera ke bentuk PDF.

Leave a Comment