Berita Laptop

Hands On ASUS Zenbook UX331 – Tipis, Ringan, Bertenaga, dan Elegan

ASUS Zenbook UX331 Header

Gadgetren – Zenbook UX331 merupakan ultrabook terbaru besutan ASUS untuk kamu yang menginginkan laptop dengan performa dan portabilitas tinggi.

Zenbook sendiri termasuk ke dalam lini premium sehingga semua komponen yang dihadirkan merupakan yang terbaik untuk saat ini. Untungnya tim Gadgetren beruntung mendapatkan kesempatan untuk memegang langsung ASUS Zenbook UX331.

Dari awal saya langsung merasakan kalau kualitas pembuatan dari ASUS Zenbook UX331 sudah tidak perlu lagi diragukan. Dengan membawa nama Zenbook, laptop ini memiliki desain yang sangat premium dengan sentuhan finis modern sehingga sangat terlihat elegan dan beda dibandingkan dengan laptop lain.

Pemilihan rangka metal sebagai bahan utama juga membuatnya jauh lebih kokoh dibandingkan biasanya. Bahan metal tersebut memungkinkan ASUS untuk membuat laptop satu ini tetap ringan bahkan digadang sebagai paling tipis di dunia saat awal peluncurannya.

Melihat dari halaman spesifikasi resmi, ASUS Zenbook UX331 ini dikatakan mempunyai bobot hanya 1,1 kg saja sedangkan ketebalannya mampu dipangkas hingga menjadi 0,5 inci. Maka dari itu pastinya kamu tidak akan kerepotan untuk membawanya ke mana pun kamu bepergian.

Portabilitas tinggi tidak akan lengkap kalau tidak punya performa tinggi juga. Untuk itu ASUS menyematkan jeroan yang tidak main-main di dalamnya. Zenbook UX331 yang saya coba ini menggunakan prosesor Intel Core i7-8550U berkecepatan 1.8 GHz dengan Turbo Boost mencapai 4.0 GHz.

Dikombinasikan dengan RAM 16GB serta penyimpanan SSD 512GB menjamin segala jenis aktivitas komputasi yang kamu lakukan seperti memindahkan data maupun proses booting akan berjalan jauh lebih cepat. Kecanggihan performa dari ASUS UX331 tidak berhenti di situ saja.

ASUS Zenbook UX331 Spek

Untuk kebutuhan pengolahan grafis, ASUS menanamkan NVIDIA GeForce MX150 dengan VRAM 2GB. Memang kartu grafis tersebut bukan lah yang terbaik, namun sudah sangat mumpuni untuk menjalankan konten multimedia 4K maupun sekedar bermain game ringan sekelas eSport dengan lancar.

Ditambah lagi dengan adanya layar Full HD berukuran 13,3 inci yang punya kualitas gambar memukau dengan cakupan color gamut 100% dan tingkat kecerahan mencapai 300 nits akan semakin menyempurnakan pengalaman kamu. Desain layar yang slim bezel juga akan membuat konten yang ditampilkan terasa lebih lega.

ASUS Zenbook UX331 Port

Seluruh spesifikasi tersebut sudah terlihat menakjubkan, namun masih ada satu hal lagi yang membuat saya cukup terheran. Untuk laptop berukuran sangat tipis, Zenbook UX331 masih menghadirkan dukungan port yang cukup lengkap mulai dari USB-Type C, USB 3.1, HDMI, audio combo, dan microSD. Cukup jarang ditemukan pada sebuah ultrabook.

Secara keseluruhan bisa dikatakan kalau ASUS Zenbook UX331 ini memang sangat cocok buat kamu yang punya produktivitas tinggi seperti content creator agar dapat terus melakukan pekerjaan kapan pun itu.

Penasaran berapa harganya? Untuk ASUS Zenbook UX331 yang saya coba tersebut dibandrol pada kisaran Rp19.299.000. Namun kabarnya ASUS juga menghadirkan varian lain, yakni Core i7 dengan RAM 8GB seharga Rp16.299.000 dan Core i5 dengan RAM 8GB seharga Rp14.299.000.

Leave a Comment