ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Canggih! Xiaomi Mi 8 Explorer Edition Bawa Fingerprint di Bawah Layar dan RAM 8 GB

Xiaomi Mi 8 Explorer Header

Selain Mi 8, Mi 8 SE, dan MIUI 10, Xiaomi membawa juga Mi 8 Explorer Edition pada tanggal 31 Mei 2018 silam.

Smartphone yang satu ini merupakan edisi lebih tinggi dan lanjut dari Mi 8 karena menghadirkan fitur dan spesifikasi yang sangat menarik. Hal ini terlihat dengan penggunaan casing belakang transparan ditambah tekstur kevlar yang memperlihatkan jeroan hardware miliknya sehingga terlihat sangat menarik.

Tak hanya itu, Mi 8 Exploer Edition ini menjadi smartphone Android pertama yang menggunakan fitur 3D facial recognition yang dapat mendeteksi wajah secara 3 dimensi sehingga lebih akurat karena memiliki modul struktur caha 3D yang kompleks sehingg dapat menandingi kemampuan dari Face ID milik iPhone X.

Mengikuti tren saat ini, Mi 8 Explorer ini dibekali dengan poni atau notch di bagian atasnya lengkap dengan kamera depan untuk selfie, sensor proximity, sensor ambient, lensa inframerah, flood illumintaro, dan dot projector yang mampu mendeteksi wajah walaupun dalam kondisi mini cahaya sekalipun.

Xiaomi Mi 8 Explorer Kamera

Menariknya, Xiaomi mengklaim bahwa 3D facial recognition ini mampu memindai 3300 titik tidak terlihat dan memetakanya dengan lebih dalam. Selanjutnya, kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence akan mengolahnya menjadi informasi yang dibutuhkan smartphone.

Dengan kata lain, keakuratan pemindaian waha menggunakan teknologi ini sangat akurat. Bahkan Xiaomi jugai ikut menyematkan animasi emoji yang menggunakan pemindai wajah dengan 52 gerakan otot wajah sehingga emojinya mampu menirikan ekspresi dan suara dari pengguna layaknya animoji.

Selanjutnya, Xiaomi Mi 8 Explorer Edition juga dilengkapi dengan sensor fingerprint di bawah layar sehingga memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci smartphone hanya dengan menempelkan sidik jarinya di area fingerprint yang terdapat pada layar.

Untuk layarnya sendiri memiliki lebar 6,21 inci dengan resolusi Full HD+ (2.248 x 1.080 piksel), berteknologi Samsung AMOLED, dan beraspekrasio 18,7:9 yang memenuhi bagian depannya. Bahkan rasio sceen-to-body yang dimilikinya mencapai 86,1 persen.

Xiaomi Mi 8 Explorer Fingerprint Sensor

Xiaomi juga menghadirkan beragam fitur menarik pada layarnya, mulai dari DCI-P3 color gamut, rasio kotras 60000:1, kecerahan 600nit, dukungan HDR, Eye protection mode, dan Always On Display yang akan selalu memberikan informasi penting ketika layar istirahat.

Soal urusan fotografi, Xiaomi Mi 8 Explorer Edition telah dibekali dengan dua kamera utama yang memiliki kombinasi kamera primer 12 MP berlensa wide-angle, sensor Sony IMX363, aperture f/1.8 + kamera sekunder 12 MP berlensa telephoto, sensor Sony S5K3M3, aperture f/2.4, dual PDAF, Optical Zoom, 4-axis OIS, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto bagus.

Bahkan AI Scene Detection memungkinkan kamera smartphone ini dapat mendeteksi kondisi atau objek foto yang akan diambil. Tak hanya itu, AI Studio Lighting juga dapat menghasilkan foto yang artistik bagi penggunanya.

Tentu saja foto berefek bokeh (background blur) dapat diambil secara instan dan rapi dengan mudah. Kamera utamanya juga dapat merekam video slow motion beresolusi Full HD hingga kecepatan 240 fps dan video beresolusi 4K.

Xiaomi Mi 8 Explorer Harga

Kerennya, kamera Mi 8 Explorer Edition berhasil mendapatkan skor total DxOMark yang mencapai 99 poin dan skor foto mencapai 105 poin. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 20 MP yang dapat mengakomodasi foto selfie atau wefie dengan bagus, bahkan memiliki fitur 3D Beauty, 10 AI scene detection, dah HDR.

Dapur pacunya dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 845 Octa-core, RAM 8 GB, dan storage internal 128 GB. Dengan kombinasi spesifikasi hardware ini mampu membuat Mi 8 Explorer Edition melahap game maupun aplikasi berat sekalipun.

Bahkan berkat bantuan Artificail Intelligence mampu membuat performa dan konsumsi daya baterai lebih efisien lagi. Perangkat ini juga dibekali dengan baterai berkapasitas 3000 mAh yang mempunyai dukungan Quick Charge 4+ untuk pengisian daya baterai cepat.

Tak ketinggalan, dukungan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, VoLTE, port jack audio 3,5mm, port USB Type-C, dual-frequency GPS, Bluetooth 5.0, dan MIUI 10 berbasiskan Android 8.1 Oreo telah hadir di dalamnya. Untuk harga Xiaomi Mi 8 Explorer Edition mencapai 3.699 Yuan atau sekitar Rp 8 jutaan,

[Sumber : Gizmochina]

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar