Berita

Asik! Smartphone Pertama Android Go Murah akan Rilis di MWC 2018

Xiaomi Mi A1 Header

Tahun lalu, Google secara resmi telah mengumumkan bahwa smartphone yang terhubung dengan proyek Android Go akan hadir pada tahun 2018.

Sekilas, Android Go sendiri merupakan proyek dari Google yang menghadirkan sistem operasi versi Lite Android atau dikenal dengan nama Android Go agar bisa dijalankan di berbagai smartphone dengan RAM 512 MB maupun RAM 1 GB.

Tentu saja proyek Android Go ini untuk menggantikan Android One yang telah bergeser ke kelas menengah sehingga harganya pun berubah. Dengan kata lain, smartphone Android GO akan memiliki harga yang super murah, namun dengan kualitas yang diawasi Google dan sistem operasi yang dapat berjalan dengan lancar.

Dengn kata lain, Google juga akan bekerja sama dengan berbagai vendor di dunia untuk dapat menghadirkan smartphone Android Go yang memiliki harga terjangkau. Menariknya, baru – baru ini telah muncul kabar yang mengatakan bahwa smartphone pertama yang berjalan dengan sistem operasi Android Oreo (Go Edition) akan diluncurkan dalam ajang MWC 2018 Barcelona minggu depan.

Sayangnya nama perusahaan yang akan menghadirkan smartphone Android One ini tidak disebutkan, namun hal yang luar biasanya lagi adalah harga dari smartphone ini akan di bawah US$50 atau sekitar Rp 683.550.

Sementara itu, Android Oreo (Go Edition) sendiri merupakan sistem operasi versi Lite yang telah dioptimalkan secara khusus untuk hardware low-end atau kelas bawah. Nantinya dalam Google Play Store di smartphone Android Go akan memiliki aplikasi yang 15% lebih ringan dan cepat dibandingkan versi standar Android.

Beberapa di antaranya memiliki label Go, seperti YouTube Go, Files Go, Maps Go, dan masih banyak lagi. Selain itu, smartphone yang memiliki storage internal kecil pun akan merasakan dampaknya karena aplikasi khusus Android Go akan memiliki kapasitas 50% lebih kecil dibandingkan versi standar.

Smartphone Android Go ini akan menjanjikan kelancaran pemakaian, meskipun hanya menggunakan RAM 1 GB atau kurang dan storage internal 8 GB karena Google sudah membuat aplikasi-aplikasi dan sistem yang berjalan menjadi super ringan.

Selain itu, beberapa vendor yang bekerja sama dalam proyek Android One pun akan menghadirkan smartphone terbarunya dalam ajang Mobile World Congres (MWC) 2018. KIni smartphone Android One yang paling terkenal di dunia adlaah Mi A1 karena mempunyai spesifikasi menarik dengan harga terjangkau . Untuk itu, mari kita tunggu saja kehadiran smartphone Android Go dan Android One di minggu depan.

[Sumber : GSMArena]

Tinggalkan Komentar