Tips dan Trik

Yakin Akun Gmail Punyamu Aman? Terapkan 5 Cara Ini Agar Tidak Mudah Dibobol

Cara Mengamankan Akun Gmail dan Google Header[Sumber: Pixabay]

Gadgetren – Keamanan akun tergantung bagaimana pengguna mengelola dan mengantisipasi permasalahan di akunnya.

Akun Google adalah salah satu akun yang cukup banyak digunakan oleh pengguna. Dengan berbekal akun tersebut, pengguna dapat membuat akun di berbagai macam situs, termasuk di dalamnya situs media sosial, forum diskusi, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, keamanan akun Google menjadi hal yang cukup penting bagi pengguna. Hal ini dikarenakan saat mendaftarkan akun baru di sebuah situs, email akan menjadi cadangan untuk masuk ke akun saat pengguna lupa akun di situs yang sama.

Pengguna dapat mengamankan akun dengan banyak cara. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini:

Cara Mengamankan Akun Gmail

Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Verifikasi 2 langkah Gmail

Untuk mengamankan akun Gmail, Google menawarkan sebuah metode perlindungan ganda. Dengan metode perlindungan ganda ini, tidak semua orang akan mendapatkan akses ke akun Google dengan mudah.

Saat telah mengaktifkan verifikasi 2 langkah ini, pengguna harus memasukkan dua hal saat ingin mengakses akunnya. Pengguna harus memasukkan apa yang diketahuinya dan apa yang dimilikinya.

Apa yang diketahui merujuk pada kata sandi atau password akunnya, sedangkan apa yang dimiliki adalah kode verifikasi yang dikirimkan ke ponsel miliknya.

Untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah ini, pengguna dapat membuka halaman Verifikasi 2 Langkah dan memasukkan akun Google. Klik mulai dan ikuti setiap tahapan pengaktifannya.

Perbarui Password Secara Rutin

Update password baru

Selain mengaktifkan verifikasi dua langkah, pengguna juga harus rajin-rajin mengganti password. Hal ini harus dilakukan untuk mengantisipasi apabila password lama kita telah diketahui oleh orang lain.

Namun perlu diingat, untuk mengganti password, pengguna harus menggunakan password yang sangat kuat. Untuk membuat password yang kuat, pengguna dapat menggunakan kombinasi karakter, simbol, angka, huruf besar, dan huruf kecil.

Baca Juga: Hapus seluruh history pencarian kamu di Google agar tidak diketahui

Aktif Melakukan Pemeriksaan Keamanan

Cek keamanan berkala

Pemeriksaan keamanan sangat perlu dilakukan, mengingat kadang kita bisa saja teledor dan tanpa sengaja memberikan password kita ke pada situs atau orang lain. Langkah ini harus dilakukan secara rutin agar kita dapat lebih cepat tanggap saat muncul suatu permasalahan di akun kita.

Untuk melakukannya, pengguna dapat masuk ke Akun Saya, kemudian masuk ke bagian Pemeriksaan Keamanan. Setelah itu, klik tombol Mulai dan ikuti setiap petunjuk untuk memeriksa keamanan akun Google.

Selalu Memperbarui Sistem Operasi

Update sistem operasi Android

Perangkat yang aman adalah perangkat yang sering mendapatkan update sistem. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap pembaruan sistem, pihak pengembang juga kadang menyisipkan pembaruan untuk sistem keamanan di dalamnya.

Oleh karena itu, pengguna juga harus memperbarui sistem yang digunakan pada perangkat apapun miliknya. Tapi perlu diingat, pembaruan sistem sebaiknya dilakukan dengan menggunakan sistem terbaru namun sistem dengan versi stabil juga.

Baca Juga: Kalau sudah tidak dipakai, lebih baik hapus akung Gmail kamu dengan cara ini

Hindari Menggunakan Password yang Sama di Situs Lain

Password berbeda dan khusus

Menggunakan password yang sama pada beberapa situs akan memudahkan orang lain mengakses semua akun yang kita miliki. Coba bayangkan bagaimana bahayanya, saat seseorang tanpa sengaja menemukan password salah satu akun kita, maka kemungkinan cukup besar pengguna tersebut juga dapat masuk ke semua akun kita.

Oleh karena itu, pengguna sebaiknya menghindari penggunaan password yang sama pada beberapa akun miliknya. Secara khusus, sebaiknya pengguna jangan menggunakan password Google pada situs lain, mengingat email biasanya dapat menjadi cadangan saat kita tidak dapat masuk ke akun kita.

Jangan Lupa Logout Saat Menggunakan Komputer Umum

Kalau yang terakhir ini seharusnya semua orang sudah tahu, dimana kita harus Logout dari akun Google saat akan pergi meninggalkan komputer umum. Namun, selain Logout, pengguna juga harus membersihkan data dan juga History di peramban yang telah digunakannya.

Leave a Comment