Tips dan Trik

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Handphone Xiaomi Agar Tidak Terlihat

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Handphone Xiaomi Header

Gadgetren – Para pengguna handphone kadang kala perlu menyembunyikan aplikasi yang menyimpan data maupun informasi pribadi supaya tidak mudah untuk diakses oleh sembarang orang.

Berbagai macam perangkat modern untungnya sudah dilengkapi dengan fitur khusus untuk hal tersebut, termasuk handphone-handphone buatan perusahaan Xiaomi yang kini banyak diminati.

Secara khusus, perusahaan asal Negeri Tirai Bambu itu mendistribusikan fitur untuk menyembunyikan aplikasi di handphone buatannya melalui antarmuka sistem bernama MIUI.

Fitur ini pun dapat digunakan dengan sangat mudah. Para pengguna dapat mengaktifkannya tanpa perlu bantuan aplikasi pihak ketiga yang notabene rentan membawa malware meskipun terdistribusi secara resmi.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu masuk ke bagian pengaturan. Adapun secara lebih rinci, kamu bisa menyimak langkah-langkah untuk melakukannya berikut.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Handphone Xiaomi

  1. Buka halaman Settings
  2. Masuk ke bagian Apps
  3. Pilih menu Apps Lock
  4. Masukkan kata sandi atau ikuti petunjuk yang muncul jika diperlukan
  5. Klik pada tab Hidden Apps
  6. Aktifkan tombol pada aplikasi yang diinginkan untuk menyembunyikannya

Perlu diingat bahwa beberapa langkah di atas merupakan cara menggunakan opsi menyimpan aplikasi pada antarmuka versi terbaru, termasuk MIUI 11 maupun MIUI 12 yang sudah dirancang dengan menggunakan Android 10 atau 11. Untuk antarmuka yang lebih lawas, kamu tentu perlu sedikit menyesuaikannya.

Seperti penamaan pada handphone dengan antarmuka MIUI lama mungkin tidak akan menjumpai fitur Hidden Apps sebagaimana langkah-langkah di atas melainkan menu dengan nama App Invisible.

Tata letak dan penempatan menu App Invisible sendiri pun juga bisa berbeda-beda. Jika kesulitan, kamu dapat memanfaatkan fitur pencarian di halaman Settings untuk menemukannya secara lebih mudah.

Sama seperti menyembunyikannya, pengguna pun dapat menggunakan menu Hidden Apps untuk mengembalikan aplikasi-aplikasi yang sebelumnya sudah disembunyikan.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Disembunyikan

  1. Buka kembali halaman Hidden Apps dengan cara seperti langkah-langkah di atas
  2. Cari aplikasi yang akan dimunculkan kembali
  3. Gunakan kolom pencarian jika diperlukan
  4. Matikan tombol pada aplikasi tersebut

Selain Xiaomi, opsi menyembunyikan aplikasi menariknya juga tersedia di beberapa handphone buatan perusahaan ternama seperti Samsung melalui Scure Folder di antarmuka One IU, OPPO dengan Guest Mode di ColorOS, vivo lewat Hide Icon pada Funtouch OS, dan realme menggunakan Hide Home Screen Icon pada realme UI.

Tinggalkan Komentar

3 Komentar