Tips dan Trik

Tanpa Install Aplikasi, Sembunyikan Aplikasi di Xiaomi Dengan Cara Ini!

cara menyembunyikan aplikasi di xiaomi Header

Gadgetren – Tidak hanya foto, video, atau konten lainnya, aplikasi juga termasuk ke dalam ranah privasi bagi sebagian orang.

Mungkin, menginstal aplikasi bukan suatu hal yang perlu disembunyikan dari orang lain. Tapi seiring berjalannya waktu, penggunaan sebuah aplikasi dapat memunculkan data-data yang tidak elok jika harus tersebar atau diketahui oleh orang lain.

Sebagai contohnya aplikasi perpesanan, apapun platformnya. Setelah digunakan beberapa waktu, biasanya aplikasi tersebut akan memuat banyak chat dan beberapa di antaranya pasti tidak ingin di ketahui oleh orang lain, seperti chat mantan yang harus disembunyikan dari pacar misalnya.

Oleh karena itu, beberapa orang pun berupaya menyembunyikan aplikasi-aplikasinya agar privasi dapat lebih terlindungi sehingga tidak sembarang orang bisa mengaksesnya.

Bagi pengguna perangkat Android pada umumnya dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi, namun bagaimana dengan perangkat Xiaomi? Apakah sama?

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Xiaomi Tanpa Instal Aplikasi Tambahan

Berbeda dengan perusahaan pengembang ponsel lainnya, Xiaomi selalu memberikan utilitas yang lebih pada setiap ponsel buatannya. Melalui ROM MIUI miliknya, Xiaomi juga memberikan fitur yang dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi sehingga pengguna tidak perlu menginstal aplikasi tambahan di perangkatnya.

Untuk menyembunyikan aplikasi-aplikasi lewat fitur ini, pembaca dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, buka Settings pada ponsel Xiaomi yang digunakan,
  2. Setelah masuk ke halaman pengaturan, ketikan app invisible pada kolom pencarian.
  3. Selanjutnya, ketuk App Invisible jika sudah muncul di pencarian.
  4. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan dengan mencentang lingkaran di sebelah kanan setiap aplikasi setelah masuk ke dalam menu App Invisible.
  5. Jika sudah selesai memilih aplikasi yang ingin disembunyikan, ketuk tombol OK untuk menyimpan preferensi atau pengaturan.

Dengan cara di atas, beberapa aplikasi di ponsel Xiaomi tidak akan muncul di layar utama ponsel. Namun, jika masih bingung atau tidak bisa menggunakan cara tersebut untuk menyembunyikan aplikasi, pengguna dapat menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga, yang beberapa diantaranya tersedia secara gratis di Google Play Store, seperti Hide App – Hide Application Icon.

Leave a Comment

1 Comment