Tips dan Trik

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Handphone Xiaomi Supaya Tidak Bisa Dibuka

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi - Header

Gadgetren – Selain hanya menguncinya, kita juga dapat menyembunyikan aplikasi di handphone Xiaomi dengan cukup mudah tanpa perlu memasang layanan dari pihak ketiga supaya data pribadi lebih aman.

Xiaomi soalnya sudah menyematkan dukungan khusus yang bisa dipakai untuk menyembunyikan aplikasi secara mendasar ke dalam handphone buatan mereka di mana bisa langsung digunakan tanpa menambahkan layanan apapun.

Didistribusikan sebagai salah satu fitur dari antarmuka sistem bernama MIUI, tampilan dan penempatan dukungan menyembunyikan aplikasi sayangnya akan berbeda-beda untuk setiap versi. Jadi tak jarang kita pun perlu menyesuaikan cara memanfaatkannya supaya bisa digunakan.

Secara umum, kita bisa langsung mengakses fitur menyembunyikan aplikasi di halaman Settings handphone Xiaomi. Kita bisa juga dilakukan melalui aplikasi Security (Keamanan) yang tersedia sebagai dukungan tambahan.

Adapun buat kamu yang masih bingung dalam melakukannya, berikut secara lebih lengkap mengenai cara menyembunyikan aplikasi di handphone Xiaomi menggunakan dukungan bawaan dari antarmuka MIUI.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Handphone Xiaomi

MIUI 13

  1. Buka aplikasi Security
  2. Gulir ke bawah
  3. Cari dan ketuk menu Hide apps
  4. Di halaman Hidden apps, ketuk aplikasi yang mau disembunyikan

Fitur menyembunyikan aplikasi di MIUI 13 mengalami peningkatan yang cukup menarik. Kita di antaranya kini dapat menggunakan gesture khusus untuk membuka daftar yang disembunyikan dengan menarik layar utama menggunakan dua jari seperti memperbesar sebuah gambar.

Saat membuka daftar aplikasi yang disembunyikan, kita nantinya juga bisa menambahkan pengaturan khusus untuk menguncinya dengan fitur App Lock sehingga data-data di dalamnya bisa lebih aman dari jangkauan orang lain.

MIUI 11 dan MIUI 12

  1. Buka halaman Settings
  2. Ketuk menu Apps
  3. Pilih Apps Lock
  4. Lakukan pengaturan pola kunci
  5. Tambahkan Mi Account jika diperlukan
  6. Aktifkan fitur Fingerprint unlock jika mau
  7. Setelah masuk ke halaman Apps Lock, ketuk tab Hidden Apps
  8. Ketuk aplikasi yang mau disembunyikan

Berbeda dengan MIUI yang baru, beberapa versi lawas menggabungkan fitur App Lock dengan Hidden apps sebagaimana langkah di atas. Jadi pengaturan keduanya bisa dilakukan secara bersamaan dalam satu halaman.

Untuk versi MIUI yang lebih lawas lagi, kita bahkan mungkin tidak akan menjumpai menu Hidden apps melainkan fitur serupa dengan nama App Invisible. Oleh karena itu kita tentu perlu menyesuaikan beberapa langkah di atas supaya bisa menyembunyikan aplikasi di handphone Xiaomi yang digunakan.

Hanya saja untuk mengembalikan aplikasi yang disembunyikan seperti semula, kita bisa melakukannya dengan cara hampir serupa pada semua versi MIUI.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Disembunyikan

  1. Masuk ke halaman Hidden apps atau Apps Invisible menggunakan cara sebelumnya
  2. Gunakan pola kunci atau fingerprint unlock jika diminta
  3. Ketuk aplikasi-aplikasi yang mau dikembalikan
  4. Tutup halaman pengaturan

Selain menggunakan aplikasi bawaan, kita juga dapat memanfaatkan Launcher pihak ketiga yang mendukung seperti Nova Launcher jika mau menyembunyikan aplikasi. Namun tentu saja pengaturannya akan berbeda-beda untuk setiap layanan yang akan digunakan.

Cara ini saya sarankan bagi pengguna handphone Xiaomi yang belum mempunyai dukungan Hidden Apps. Meskipun menggunakan MIUI terbaru, tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa perangkat seperti POCO X3 Pro soalnya memang belum memiliki fitur tersebut.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar

3 Komentar