Tips dan Trik

Cara Menambahkan Ekstensi IDM ke Google Chrome Agar Muncul dan Terintegrasi

Cara Menambahkan IDM ke Chrome Header

Gadgetren – Meskipun sudah berhasil memasang IDM (Internet Download Manager), para pengguna kadang-kadang masih perlu melakukan integrasi agar aplikasi tersebut bisa digunakan di Google Chrome.

Hal ini terjadi karena ekstensi dari aplikasi manajemen pengunduh file tersebut sering kali tidak terpasang secara otomatis. Sebagai akibatnya, proses mengunduh tidak langsung beralih dari peramban Chrome ke IDM.

Celakanya, ekstensi asli dari aplikasi pengunduh yang menjadi andalan banyak orang tersebut terletak secara tersembunyi di Chrome Web Store. Tonec Inc selaku pengembang IDM pun bahkan sudah mewanti-wanti agar para pengguna tidak asal mengunduhnya.

Tonec secara lebih rinci memaparkan bahwa semua ekstensi yang muncul melalui pencarian di Chrome Web Store adalah palsu dan tidak akan bisa digunakan untuk mengintegrasikan proses mengunduh berkas dari peramban ke aplikasi IDM.

Perlu diketahui bahwa ekstensi IDM untuk Chrome sebenarnya dirancang supaya hanya bisa terpasang setelah pengguna install aplikasi utamanya di komputer dengan proses integrasi yang dapat berlangsung secara otomatis.

Meskipun demikian, para pengguna untungnya tetap bisa memasang ekstensi IDM untuk Chrome secara manual jika terjadi sedikit permasalahan. Berikut ulasan secara lebih rinci mengenai cara melakukannya.

Cara Menambahkan Ekstensi IDM ke Google Chrome

  1. Buka halaman ekstensi IDM di Chrome Web Store
  2. Klik tombol Add to Chrome
    Cara Menambahkan IDM ke Chrome 1
  3. Konfirmasi pemasangan dengan mengetuk tombol Add Extension
    Cara Menambahkan IDM ke Chrome 2
  4. Tunggu pemasangan selesai
  5. Ketik alamat chrome://extensions di kolom URL dan tekan Enter
  6. Pastikan tombol Enable pada ekstensi IDM untuk Chrome sudah aktif
    Cara Menambahkan IDM ke Chrome 3
  7. Jika diperlukan, klik tombol Details
  8. Ubah bagian Site access ke opsi On all sites
  9. Gulir ke bawah dan aktifkan juga opsi Allow in incognito
    Cara Menambahkan IDM ke Chrome 4
  10. Setelah itu, coba untuk mengunduh sebuah berkas

Langkah-langkah di atas dapat digunakan untuk menyelesaikan beberapa jenis permasalahan yang terjadi pada proses integrasi IDM dengan peramban Chrome seperti tombol Download atau opsi unduh otomatis tidak muncul.

Namun dalam kasus seperti ini, pengguna pada umumnya perlu terlebih dulu menghapus instalasi yang sudah terpasang dengan mengunjungi halaman chrome://extensions dan menekan tombol Remove pada ekstensi IDM untuk Chrome.

IDM memang sudah menjadi aplikasi favorit bagi sebagian pengguna internet karena terkenal sangat mumpuni untuk menangani berbagai macam proses pengunduhan berkas mulai dari dokumen, gambar, hingga video.

Aplikasi buatan Tonec tersebut tersedia mulai dari Rp 140.000 per perangkat untuk satu tahun (paket dua komputer) dengan opsi uji coba selama 30 hari sebelum membayarnya secara penuh.

Tinggalkan Komentar

20 Komentar