Berita

ASUS NovaGO – Laptop Pertama dengan Qualcomm Snapdragon 835 di Dunia

Harga ASUS NovaGO Header

Qualcomm baru saja menyelenggarakan acara besar di Hawaii yang membahas berbagai produk dan teknologi terbarunya.

Dalam acara tersebut, Qualcomm juga memperkenalkan laptop pertama di dunia yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 pertama di dunia, yakni ASUS NovaGO. Bahkan slogan utama dari laptop ini adalah “The World’s First Gigabit LTE PC” karena memang memiliki kecepatan download hingga 1 Gbps.

Berkat modem Snapdragon x16 yang hadir dalam chipset Qualcomm Snapdragon 835 sehingga memberikan kemampuan Gigabit LTE atau kecepatan dowlnoad hingga 1 Gbps. Sementara itu, dimensinya cukup ramping yang mencapai 316 mm x 221 mm x 149 mm. Selain itu, beratnya hanya 1,39 kg saja.

ASUS NovaGO Display

ASUS NovaGO sendiri merupakan 2-in-1 hybrid laptop yang dilengkapi engsel sehingga memungkinkan penggunanya dapat menjadikannya mode tablet ketika dilipat. Untuk layarnya sendiri memiliki lebar 13,3 inci dengan resolusi Full HD dan berteknologi LED.

Laptop yang satu ini berjalan dengan Windows 10S yang bisa di-upgrade menjadi Windows 10 Pro secara gratis sebelum tanggal 30 September 2018. Sementara itu, dukungan ciri khas Windows 10 pun telah hadir dalam laptop ini seperti Windows Ink, Windows Hello, dan Cortana.

Untuk mengimbangi kemampuan prosesor kelas atasnya, ASUS merilis NovaGO dengan dua varian yang terdiri dari RAM 4 GB + ROM 64 GB dan RAM 8 GB + ROM 256 GB. Menariknya, NovaGo memilki eSIM dan nano SIM sehingga memungkinkan penggunanya dapat menggunakan jaringan selular untuk terkoneksi dengan Internet. Dengan kata lain, NovaGO ini juga memiliki SIM tray untuk menyematkan kartu nano SIM.

Pada bagian kanannya terdapat port HDMI, port 3,5mm jack audio, tombol volum, dan tombol power. Sedangkan pada bagian kiri terdapat 2 port USB dan power jack DC. Tak ketinggalan, keyboard standar tanpa hadirnya number pad dan touchpad yang didampingi sensor fingerprint hadir juga di dalamnya.

ASUS mengklaim bahwa NovaGO mampu bertahan selama 22 jam ketika digunakan dalam pemakaian normal dan 30 hari dalam keadaan siaga. Laptop ini dibanderol dengan harga yang mencapai US$599 atau sekitar Rp 8,09 juta untuk varian RAM 4 GB dan US$799 atau sekitar Rp 10,7 juta untuk varian RAM 8 GB. ASUS NovaGO sendiri akan mulai tersedia di Amerika Serikat, Tiongkok, Italia, Inggris, Perancis, Jerman, dan Taiwan.

[Sumber : Gizmochina]

Leave a Comment