Bengkel Featured

Mengapa Bermain Game Dapat Membuat Daya Baterai Smartphone Cepat Habis?

Nokia 8 Header

Setiap hari Rabu, tim Gadgeter akan membahas artikel pada kategori Bengkel yang mengulas beraneka ragam solusi dalam mengatasi masalah gadget yang biasanya sering dihadapi oleh Gadgeter dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk kesempatan kali ini, redaksi Gadgetren baru saja mendapatkan pertanyaan mengenai alasan baterai smartphone cepat habis dan boros ketika bermain game. Untuk itu, tim Gadgeter akan menjawab pertanyaan ini dengan sejelas-jelasnya.

Pertanyaan :

Mengapa bermain game dapat membuat daya baterai smartphone cepat habis?

Jawaban :

Game merupakan salah satu aplikasi yang dapat menghibur pengguna smartphone ketika dalam keadaan santai. Selain itu, biasanya bermain game juga dapat membunuh kebosanan ketika menunggu seseorang, menunggu jemputan, atau menunggu keberangkatan.

Kini game-game yang hadir di toko aplikasi telah beraneka ragam dan membuat pengguna smartphone memiliki banyak pilihan. Sementara game sendiri memiliki kelasnya, mulai dari kelas ringan, menengah, hingga berat.

Semakin berat kelas game yang dimainkan maka daya baterai pun akan cepat terkuras. Hal ini disebabkan karena game kelas berat memiliki grafis dan algoritma yang kompleks sehingga menyebabkan prosesor dan GPU harus bekerja dengan maksimal agar game tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Tentunya baterai akan cepat terkuras ketika prosesor dan GPU berjalan dengan cepat dan maksimal. Ibaratnya sebuah otak yang dimaksimalkan untuk mengerjakan soal yang susah maka akan menguras banyak energi. Hal ini pun terjadi pada perangkat gadget, seperti smartphone, tablet, laptop, dan masih banyak lagi.

Bahkan terkadang game akan berjalan patah-patah apabila menggunakan smartphone dengan prosesor dan GPU kelas menengah atau bawah. Apabila kondisi ini terus-menerus dipaksakan maka prosesor, GPU, dan baterai pun akan cepat rusak karena tidak bisa menahan kemampuan komputasi yang terlalu berat.

Misalnya saja Gadgeter memainkan game Asphalt dan Dynasty Warrior dengan grafis yang berat sehingga akan membuat prosesor dan GPU bekerja dengan maksimal. Tentunya akan berefek pada konsumsi daya baterainya yang cepat habis.

Selain faktor kinerja prosesor dan GPU yang bekerja maksimal, alasan game dapat membuat daya baterai cepat habis karena biasanya game zaman sekarang banyak menggunakan koneksi Internet maupun sensor lainnya seperti Gyroscope.

Salah satu game yang benar-benar boros terhadap penggunaan daya baterai adalah Pokemon Go. Selain grafisnya yang 3 Dimensi, game ini pun memanfaatkan koneksi Internet untuk terhubung dengan server dan sensor gyroscope untuk menampilkan animasi Augmented Reality pada Pokemon yang akan ditangkap.

Bisa dibilang Pokemon Go menjadi salah satu game yang menghabiskan daya baterai secara cepat karena banyak aspek yang digunakannya. Untuk itu, Gadgeter dapat memainkan game-game kelas berat atau menengah tidak terlalu sering agar baterai smartphone tetap awet.

* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke tanya@gadgetren.com. Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Leave a Comment