Berita

Eksekutif Huawei Bilang RAM 4 GB Cukup, Kenapa Harus Pakai RAM 6 GB / 8 GB?

Huawei baru saja merilis smartphone terbarunya yang bernama Huawei P10 dan P10 Plus. Keduanya sama-sama memiliki spesifikasi hardware yang mumpuni dan kamera depan serta belakang hasil kerja sama Leica.

Meskipun begitu, salah satu eksekutif Huawei melalui akun Weibo resminya @HW Lao Shi mengatakan bahwa smartphone dengan RAM 4 GB sudahlah sangat cukup untuk menjalankan smartphone dengan lancar.

Dia pun memberikan perbandingan bahwa smartphone Huawei dengan kombinasi RAM 4 GB dan prosesor Kirin 960 mampu menandingin smartphone RAM 6 GB pada saat pengujian lalu. Kunci utamanya adalah optimasi dari sistem operasi dan salah satu contohnya adalah iPhone dengan iOS yang tidak membutuhkan RAM berkapasitas besar, namun bisa menjalankan iPhone dengan lancar.

Selain itu, dia juga menyebutkan bahwa vendor meluncurkan smartphone dengan RAM besar layaknya perlombaan senjata nuklir antara Amerika Serikat dan Uni Soviet pada Perang Dingin.

Terakhir, Lao Shi menambahkan bahwa semakin tinggi RAM maka akan menambah harga untuk sebuah smartphone dan tentunya pengguna harus menyiapkan dana ekstra. Meskipun begitu, Lao Shi juga tidak mengatakan bahwa smartphone dengan RAM 6 GB buruk karena Huawei P10 Plus juga memiliki varian RAM 6 GB.

[Sumber : Gizmochina]

Leave a Comment