Berita

Saingi Chrome OS, Microsoft Ciptakan Windows 10 Cloud

Windows 10 Cloud Header

Chromebook merupakan salah satu perangkat mobile atau laptop yang bisa dibilang ringan, baik dari bentuknya maupun aplikasi-aplikasi yang dijalankan pada Chrome OS miliknya.

Bisa dibilang, Chromebook sendiri sangat populer di Amerika Serikat karena bisa menjawab kebutuhan dari mobilitas penggunanya. Nah, baru-baru ini dikabarkan bahwa Microsoft sedang mengembangkan Windows 10 Cloud yang akan menjadi saingan dari Chrome OS.

Bisa dibilang sistem operasi terbaru Microsoft ini merupakan Windows 10 versi sangat sederhana karena hanya bisa menjalankan aplikasi Universal Windows Platfrom (UWP) yang terdapat Windows Store. Dengan kata lain, aplikasi selain UWP tidak akan dapat diinstal dalam sistem operasi ini.

Windows 10 Cloud sendiri tidak benar-benar bergantung pada aplikasi dan layanan berbasis cloud seperti Chrome OS, melainkan memiliki aplikasi yang diinstal dan tidak terlalu berhubungan dengan cloud. Namun lebih diartikan sebagai sistem operasi yang seringan Chrome OS.

Bisa dibilang Microsoft berambisi untuk menciptakan laptop yang bisa menandingi kepopuleran Chromebook sehingga menciptakan Windows 10 Cloud. Untuk itu, kita tunggu saja kehadirannya di dunia. Menurut Gadgeter, apakah sistem operasi ini mampu menandingi Chrome OS.

[Sumber : The Verge]

Leave a Comment