Tips dan Trik

Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G Untuk Handphone Keluaran Samsung

cara merubah jaringan 3G ke 4G samsung

Kini cakupan jaringan 4G sudah semakin meluas di mana mana di Indonesia, ponsel yang mendukung jaringan 4G pun juga semakin banyak. Jika kamu memiliki ponsel keluaran Samsung, simak cara merubah jaringan 3G ke 4G Samsung di artikel ini untuk merasakan manfaat jaringan 4G di ponsel kamu.

Samsung telah mengeluarkan banyak seri ponsel di Indonesia, tiap ponsel mungkin akan memiliki alur penyetelan 4G yang berbeda namun biasanya memiliki alur umum yang sama.

Galaxy A 2017 (Grace UI)

Jika kamu menggunakan ponsel seri ponsel terbaru dari Samsung seperti Galaxy A3, Galaxy A5, dan Galaxy A7 versi tahun 2017 atau ponsel Samsung lainnya yang menggunakan antarmuka Grace UI, ikuti langkah berikut ini:

  1. Masuk ke menu penyetelan ponsel dengan cara menyentuh aplikasi Settings di ponsel kamu.
  2. Cari penyetelan berjudul Connections di bagian atas menu penyetelan dan sentuh bagian menu tersebut.
    Cara Merubah jaringan 3G ke 4G Samsung - 01
  3. Kamu akan masuk ke menu Connections, di sini kamu telusuri bagian bawah menu untuk menemukan menu berjudul Mobile networks. Sentuh menu tersebut.
    Cara Merubah jaringan 3G ke 4G Samsung - 02
  4. Kamu akan diperlihatkan tentang detail kartu SIM di ponsel kamu. Jika ponsel kamu berjenis dual SIM, akan terlihat penyetelan untuk 2 kartu SIM sedangkan jika ponselnya berjenis single SIM maka hanya akan terlihat penyetelan untuk 1 kartu SIM.
    Cara Merubah jaringan 3G ke 4G Samsung - 03
  5. Pilih kartu SIM yang diinginkan untuk mengaktifkan 4G pada Samsung kamu.
  6. Kamu akan disodorkan pilihan untuk memilih mode jaringan untuk kartu SIM tersebut, pilihlah mode LTE/3G/2G (auto connect).
    Cara Merubah jaringan 3G ke 4G Samsung - 04
  7. Sekarang ponsel kamu akan secara otomatis terhubung ke jaringan 4G selama kamu berada di area yang tercakup di jaringan 4G. Jika tidak tercakup jaringan 4G, ponsel akan secara otomatis mengkoneksikan diri ke jaringan 3G / 2G.

Galaxy Lainnya (TouchWiz UI)

Jika kamu menggunakan ponsel Samsung keluaran tahun 2016 atau yang lebih lama, kemungkinan besar ponsel Samsung kamu masih menggunakan antarmuka TouchWiz UI. Alur cara mengatifkan 4G pada Samsung model lama agak sedikit berbeda jika dibandingkan dengan antarmuka Grace UI. Berikut adalah caranya:

  1. Masuk ke menu penyetelan ponsel dengan cara menyentuh aplikasi Settings di ponsel kamu.
  2. Pada pemu penyetelan, pilih menu More Networks.
  3. Masuk ke menu Network Mode.
  4. Pilih mode jaringan LTE/CDMA untuk mengaktifkan jaringan 4G di ponsel kamu.
  5. Untuk memastikan ponsel kamu benar-benar berubah ke jaringan 4G, restart ponsel kamu.

~

Perlu dicatat, panduan cara merubah jaringan 3G ke 4G Samsung ini hanya akan dapat dilakukan dengan benar jika ponsel Samsung kamu memang mendukung jaringan 4G. Jika tidak mendukung jaringan 4G, solusinya hanyalah dengan membeli ponsel baru yang sudah mendukung jaringan 4G.

Leave a Comment