Aplikasi

Kamu Wajib Cek Kualitas dan Kesehatan Baterai Smartphone dengan Aplikasi Ini

Battery Life iPhone Header
GADGETREN – Ketahanan baterai pada perangkat elektronik akan terus mengalami degradasi mengikuti waktu penggunaan yang lambat laun akhirnya baterai bisa dikatakan rusah dan harus diganti.

Kamu pasti pernah mengalami keadaaan ketika telah mengecas baterai hingga penuh tetapi baterai langsung habis dalam waktu 5 menit saja. Hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar dikarenakan kapasitas maksimal baterai sudah jauh menurun dibandingkan ketika awal kamu membeli.

Contohnya jika smartphone kamu telah digunakan selama 2 tahun bisa mengalami penurunan kinerja hingga 20% sehingga kapasitas maksimal baterai yang tadinya 3.000 mAh kini menjadi 2.400 mAh saja. Untuk mengetahui tingkat kapasitas mAh baterai bisa dilakukan dengan beberapa cara dan salah satunya menggunakan aplikasi bernama Battery Life.

Battery Life iOS

Battery Life di iOS

Aplikasi Battery Life ini bisa kamu download di Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS. Cara penggunaannya juga cukup mudah kok, ketika menjalankan aplikassi tersebut kamu dapat langsung melihat berapa persen kehausan atau wear level.

Selain itu kamu juga dapat melihat secara detil berapa mAh yang tersisa dan mengetahui berapa lama smartphone bisa digunakan untuk internetan, telepon, atau lainnya. Untuk perangkat Android bahkan memiliki beberapa fitur tambahan yang cukup berguna seperti menguji perangkat, membersihkan memori, dan melakukan tes kecepatan internet.

Battery Life Android

Battery Life di Android

Penyebab kualitas baterai bisa menurun cukup bervariasi, namun untuk baterai Lithium-Ion ada beberapa hal yang kamu perhatikan untuk menjaga agar degradasi terjadi seminimal mungkin. Yang pertama itu jangan membuat baterai benar-benar habis maupun terlalu penuh dalam jangka waktu lama. Yang kedua, jangan sampai suhu baterai terlalu panas atau dingin karena akan merusak kinerja ion di dalamnya.

Selama kamu mengikuti dua hal tersebut dipastikan baterai kamu akan lebih awet dari biasanya. Tentu saja baterai akan tetap mengalami degradasi karena mempunyai masa siklus hidup. Yang bisa kamu lakukan hanyalah meminimalisir efek dari degradasi tersebut agar baterai tidak cepat rusak dan harus ganti.

Leave a Comment