Gadget

4 Hard Disk Eksternal Kapasitas Besar Terbaik di 2017

harddisk eksternal terbaik

GADGETREN – Di era digital sekarang ini tempat penyimpanan data banyak bentuknya dan sudah memiliki kapasitas cukup besar bahkan untuk microSD yang bentuknya sangat mungil sekalipun sudah ada yang bisa menyimpan hingga lebih dari 200GB.

Banyak orang yang memilih penyimpanan portabel atau lebih dikenal harddisk eksternal sebagai tempat penyimpanan sekunder baik itu karena penyimpanan utama sudah penuh maupun sebagai penyimpanan cadangan kalau data utama bermasalah. Harddisk eksternal tersedia dalam berbagai merek dan model sehingga mungkin saja kamu kebingungan mana yang bagus ketika ingin membelinya.

Nah untuk membantu kamu memilih harddisk eksternal terbaik di 2016, berikut beberapa rekomendasi dari Gadgetren.

Transcend StoreJet 25M3

Transcend StoreJet 25M3 2TB

Beli di Lazada seharga Rp 1.445.000

Transcend StoreJet 25M3 merupakan salah satu harddisk eksternal terbaik yang bisa kamu temukan. Selain kapasitas penyimpanan besar yang mencapai 2TB, StoreJet 25M3 juga telah lulus uji standar militer sehingga tidak perlu takut untuk dibawa kemana saja.

Tiga lapisan pelindung digunakan Transcend untuk menghasilkan fitur anti guncangan tersebut. Pada bagian dalam terdapat lapisan silikon untuk mencegah harddisk bergeser, pada bagian luar terdapat lapisan karet tebal untuk menyerap benturan, dan terakhir terdapat rangka yang kuat pada casing. Untuk menjaga agar data tidak rusak, StoreJet 25M3 memiliki fitur suspend yang akan menghentikan kinerja harddisk ketika mendeteksi guncangan dan melanjutkannya lagi ketika merasa sudah stabil.

Soal pengaturan data, Transcend StoreJet 25M3 mempunyai kemampuan tulis dan baca dengan kecepatan rata-rata mencapai 115 mbps. Ditambah dengan fitur keamanan yang menggunakan eknripsi AES 256-bit agar data tidak mudah dibobol. Menariknya pada bagian atas terdapat sebuah tombol yang berfungsi untuk menjalankan program Transcend StoreJet Elite Backup untuk melakukan backup dengan berbagai metode. Jika kamu membeli Transcend StoreJet 25M3 maka kamu juga akan mendapatkan perlindungan garanasi selama 3 tahun.

Western Digital My Passport Ultra

Western Digital My Passport Ultra 2TB

Beli di Lazada seharga Rp 1.175.000

Western Digital merupakan salah satu merek yang dicari kalau berhubungan soal tempat penyimpanan. My Passport Ultra menjadi pilihan ketika mencari harddisk eksternal karena desainnya yang sangat portabel dan pastinya sudah teruji kualitas dari model satu ini.

Fitur softwareWD SmartWare Pro dapat digunakan untuk melakukan backup secara otomatis baik itu di harddisk itu sendiri atau ke penyimpanan awan seperti DropBox yang juga dienkripsi menggunakan teknologi AES 256-bit agar lebih aman sehingga cocok untuk menyimpan data pribadi yang bersifat sensitif. Western Digital My Passpor Ultra 2TB mempunyai format awal NTFS dengan kecepatan rata-rata baca dan tulis sekitar 117 mbps. Buat kamu yang menginginkan hardisk eksternal satu ini akan mendapatkan garansi resmi selama 3 tahun.

Seagate Backup Plus Slim

Seagate Backup Plus Slim 1TB

Beli di Lazada seharga Rp 764.500

Seagate merupakan vendor harddisk yang umum ditemui jika kamu mengunjungi toko komputer. Seagate Backup Plus Slim 1TB ini mempunyai ketebalan hanya 5 cm saja dengan casing berbahan alumunium sehingga membuatnya kokoh, namun tetap memiliki bobot yang ringan.

Seagate Backup Plus Slim 1TB menawarkan slot USB 3.0 dengan kemampuan transfer data berkecepatan tinggi hingga mencapai lebih dari 100 Mbps sedangkan untuk dukungan USB 2.0 sekitar 30 Mbps. Selainy itu harddisk satu ini bersifat bus powered sehingga tidak membutuhkan kabel power terpisah, hanya kabel untuk data transfer saja. Dari pabrikannya Seaget Backup Plus Slim 1TB berformat NTFS tetapi buat kamu yang menggunakan Mac terdapat driver FHS+ jadi dapat tetap bisa akses tanpa harus format ulang.

Seperti yang lainnya, terdapat juga sebuah program bernama Seagate Dashboard untuk backup PC, mobile, dan media sosial seperti Youtube atau Facebook. Sayangnya Seagate Backup Plus Slim 1TB tidak mempunyai enkripsi atau fitur keamanan bawaan untuk menjaga data dari orang yang tidak diinginkan.

Buffalo MiniStation Stealth

Buffalo MiniStation Stealth PCT1TU3 1TB

Beli di Lazada seharga Rp 1.500.000

Buffalo MiniStation PCT1TU3 1TB mempunyai diesain yang terbilang paling keren dari yang ada di daftar ini. Pada permukaannya terdapat lampu berwarna biru untuk melihat aktivitas yang sedang berlangsung. Desainnya juga ramping dan ringan sehingga mudah dibawa ke mana saja.

Buffalo MiniStation PCT1TU3 1TB menawarkan slot USB 3.0 dengan dukungan balik USB 2.0 sehingga mempunyai kecepatan tulis dan baca sekitar 50 mbps. Jadinya kamu hanya membutuhkan waktu 2 menit saja untuk melakukan transfer data sebesar 5GB. Buffalo Backup Utility yang disediakan juga sangat mudah untuk digunakan ketika memilih file mana saja yang ingin dilakukan backup dan tentu ada kunci keamanannya. Sayangnya aplikasi bawaan dari Buffalo ini terpisah yang mengharuskan untuk install satu per satu kalau ingin menggunakan seluruhnya.

 

Leave a Comment