Aplikasi Review

Makin Mudah Cari Kosakata Lewat Genggaman dengan Aplikasi KBBI V

aplikasi-kbbi-v-header

Kementerian Pendidikan Republik dan Kebudayaan Indonesia (Kemendikbud) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, telah meluncurkan aplikasi resmi Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima (KBBI V). Aplikasi ini tentunya memudahkan Gadgeter untuk mencari arti kata, memeriksa ejaan dan kata baku, mencari padanan kata, dan sebagainya.

Hadirnya aplikasi KBBI V ini sekaligus menjadi pelengkap KBBI V versi cetak dan versi daring (online) dengan alamat kbbi.kemdikbud.go.id. Di dalamnya terdapat 127.036 lema dan makna, serta dapat dijalankan secara offline. Jadi, tak usah khawatir kuota internet ikut tersedot.

Tampilannya sederhana dan mudah diakses, tanpa terganggu iklan sama sekali. Saat membuka aplikasi akan dijumpai 4 icon pencarian, yaitu Kelas Kata, Ragam, Bahasa, dan Bidang. Selanjutnya, di kiri atas ada akses menu yang menampilkan lima kategori termasuk Jenis yang menampilkan pencarian Kata Dasar, Kata Turunan, Gabungan Kata, Peribahasa, dan sebagainya.

kbbi-v-aplikasi

Jika ingin lebih praktis, langsung saja tekan ikon cari di kanan atas dan ketikkan kata yang ingin ditemukan. Respon pencarian cepat langsung menampilkan kata-kata yang bisa dijadikan rujukan. Fitur-fitur dalam aplikasi juga cukup responsif saat diakses.

Hadirnya aplikasi KBBI V tentunya sangat bermanfaat bagi siapa saja. Misalnya, untuk membantu guru dalam pengajaran Bahasa Indonesia, siswa sekolah, mahasiswa, bagi yang senang menulis, atau aktivitas lainnya yang berhubungan dengan kata. Kita juga tidak perlu lagi membawa kamus ke mana-mana untuk menggali kosakata.

Sayangnya, hasil pencarian belum bisa disalin atau dibagikan ke media sosial dan aplikasi pesan instan. Satu-satunya cara dengan melakukan screnshoot pada tampilannya. Terlepas dari kekurangan yang ada, aplikasi KBBI V ini perlu disambut baik dan semoga menambah kepedulian dan kecintaan kita pada Bahasa Indonesia. Gadgeter bisa langsung mengunduh aplikasi KBBI V secara gratis di Google Play Store.

Sebagai informasi, KBBI V versi cetak berisi lema dan sublema baru sebanyak 16.841 serta makna baru sebanyak 17.240. Jumlah keseluruhan lema ada 108.844. Versi cetak, tebalnya mencapai 2.040 halaman, jauh lebih banyak dibandingkan dengan KBBI IV yang tebalnya 1.400-an halaman

About the author

Desy Yuliastuti

Pengguna Sony Xperia C4 dan penikmat Kopi. Sekarang jadi Penulis di Gadgetren.

Leave a Comment