Berita Featured Smartphone

LG V20 Resmi Hadir di Indonesia dengan Segudang Fitur Canggih

lg-v20-header-ok

Hari ini secara resmi LG meluncurkan smartphone flagship terbarunya di Indonesia, yakni LG V20. Smartphone yang satu ini memiliki spesifikasi hardware yang mumpuni, kamera yang canggih, dan teknologi audio yang berkualitas serta jernih.

LG V20 merupakan smartphone pertama di dunia selain buatan Google yang pada saat dijual telah menggunakan sistem operasi terbaru Android 7.0 Nougat dengan dukungan tampilan antar muka buatan LG sendiri yang bernama LG UX 5.0+. Bisa dibilang tampilan antar muka ini memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam mengakses fungsi multimedia sesuai kebutuhannya.

Beberapa fitur unggulan yang hadir pada Android 7.0 Nougat untuk LG V20, terdiri dari multi-window yang memungkinkan smartphone bisa menampilkan dua aplikasi pada satu layar sehingga membuat penggunanya dapat memindahkan teks, gambar, dan berkas dari satu aplikasi ke aplikasi lainnnya dengan cepat.

lg-v20-bentuk

Selain itu, sistem operasi ini juga memungkinkan penggunanya dapat membalas pesan dengan cepat menggunakan fitur Direct Reply. Tak hanya itu, penggunanya juga dapat berpindah aplikasi dengan cepat pada recent app.

Android 7.0 Nougat juga menawarkan efisiensi terhadap LG V20 dengan mengurangi aktivitas aplikasi yang berjalan di background, mengaktifkan mode tidur pada aplikasi yang berjalan di background ketika layar dalam keadaan mati, dan membuat baterai lebih hemat.

Keunikan paling mencolok yang hadir dalam smartphone ini adalah Second Screen atau layar kedua yang berdimensi lebih kecil dan telah populer sejak diperkenalkan pada LG V10 generasi sebelumnya. Dengan keberadaan Second Screen kecil yang terdapat di bagian atas layar utama ini memudahkan penggunanya bisa melihat notifikasi dengan mudah.

lg-v20-conference-copy

Pada LG V20, Second Screen mengalami perkembangan pada tingkat kecerahan yang dua kali lebih tinggi dan font 50% lebih besar dibandingka generasi pendahulunya. Sementara itu, layar kedua ini dilengkapi dengan fitur Expandable Notifications yang memungkinkan penggunanya dapat memperbesar notifikasi yang datang untuk melihat pesan lebih panjang dan mengirimkan balasan atau membaginya kepada teman lainnya dengan lebih cepat.

Second screen pun dapat diisi dengan shortcut ikon aplikasi sehingga memudahkan penggunanya dapat mengakses aplikasi ketika masih membuka aplikasi tanpa harus masuk ke halaman home terlebih dahulu. Penggunanya pun bisa mengangkat panggilan dengan menggunakan layar kedua ini apabila sedang sibuk dalam mengakses layar utama.

Layar utama yang dimiliki LG V20 berukuran 5,7 inci dengan resolusi Quad HD (2.560 x 1.440 piksel), berteknologi IPS Quantum Display, dan dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 4. Dengan adanya teknologi IPS memungkinkan penggunanya masih dapat melihat layar dengan jelas pada smartphone hingga sudut kemiringan 178 derajat.

Untuk dapur pacunya, LG telah menyematkan prosesor Qualcomm Snapdragon 820 Quad-core (2 x 2,15 GHz dan 2 x 1,59 GHz), RAM 4 GB, dan penyimpanan internal 64 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 2 TB.

Dukungan dua kartu SIM dengan jaringan 4G-LTE dan baterai berkapasitas 3.200 mAh yang dapat dilepas dengan dukungan Quick Charge 3.0 telah hadir dalam smartphone ini. Berkat adanya Quick Charge 3.0 memungkinkan daya baterai LG V20 dapat diisi 50 % dalam 29 menit atau 100 % dalam 90 menit.

Soal urusan fotografi, smartphone ini telah dilengkapi dengan dua kamera belakang yang masing-masing terdiri dari 16 MP dengna aperture f/1.8 dan 8 MP dengan aperture f/2.4. Kamera belakang beresolusi 16 MP berfungsi menjadi kamera utama yang dapat mengambil gambar hingga sudut hingga 75 derajat. Sementara kamera belakang beresolusi 8 MP digunakan untuk memudahkan penggunanya bisa mengambil gambar lebih luas dengan sudut hingga 135 derajat.

Dengan kedua kamera ini memungkinkan penggunanya dapat memperluas pengambilan gambar jika kamera utama tidak dapat menjangkau semua objek dngan luas. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 MP dengan aperture f/1.9 yang dapat menjangkau pengambilan gambar foto selfie maupun wefie dengan sudut luas hingga 120 derajat. Selain menggunakan sudut luas, penggunanya bisa juga menggunakan sudut standar kamera depan yang mencapai 83 derajat. Pada kamera depannya juga didukung fitur Auto Shot yang memungkinkan LG V20 melakukan foto secara otomatis tanpa penggunanya harus menekan tombol shutter.

Untuk mendapatkan fokus objek yang sangat cepat, LG telah menyematkan fitur Hybrid Autofocus pada kameranya. Fitur ini menggabungkan 3 kemampuan autofocus, seperti Laser Detection Autofocus (LDAF), Phase Detection Autofocus (PDAF), dan Contrast Autofocus untuk pengambilan foto maupun video.

Ketika penggunanya mengambil foto maupun video, LG V20 akan menghitung dan menentukan di antar fitur LDAF atau PDAF yang paling cocok untuk pengambilan gambar dan selanjutnya kerja ini akan disempurnakan kembali oleh Contrast Autofocus. Dengan adanya metode ini membuat penggunanya bisa mengambil gambar dengan ketajaman tinggi di tingkat pencahayaan yang berbeda-beda.

Soal urusan audio, LG V20 ini bisa dibilang salah satu juara di kelasnya karena menjadi smartphone pertama di dunia yang sudah memiliki kemampuan 32-bit Hi-Fi Quad DAC (Digital to Analog Converter) berkat disematkannya ES9218 SABRE HiFi System-on-Chip. Dengan adanya kemampuan ini memungkinkan LG V20 bisa menghasilkan suara dengan meminimalisir distorsi dan noise dari lingkungan sekitar hingga 50%.

Kemampuan ini juga didukung dengan kelengkapan level suara hingga 75 tingkat, L/R balance control, dan mendukung fitur memainkan file musik digital berdefinisi tinggi, seperti FLAC, DSD, AIFF, dan ALAC. Selain itu, LG menggandeng pabrikan audio B&Q Play untuk membantu pengaturan keluaran audio LG V20 sehingga dapat memperdengarkan kualitas audio resolusi tinggi secara optimal. Tak hanya itu, dukungannnya ditingkatkan dengan hadirnya earphone hasil kerja sama LG dan B&Q Play.

LG V20 juga telah hadir dengan dengan kemampuan perekaman audio dalam resolusi tinggi melalui keberadaan HD Audio Recorder. Fitur ini dapat membuat penggunanya memiliki kemampuan untuk menangkap audio dalam kualitas studio dengan rentang frekuensi lebih dinamis melalui tiga mikrofon AOP.

Berkat dukungan prosesor Qualcomm Snapdragon 820, smartphone ini memiliki fitur Steady Record 2.0 dengan memanfaatkan teknologi Electronic Image Stabilization (EIS) 3.0 dari Qualcomm Technologies. Dengan fitur ini dapat membuat penggunanya mampu merekam gambar dengan ketajaman baik dan menekan efek distorsi dari guncangan yang mungkin terjadi saat pengembalian gambar.

Tidak hanya bisa mendengarkan audio dengan kualitas Hi-Fi, pemilik LG V20 dapat merekam video dengan kualitas Hi-Fi dan mengatur kualitas audio lebih baik dengan berbagai pilihan pengaturan manual. Termasuk pilihan menarik, seperti Low Cut Filter (LCF) yang bisa menanggalkan noise yang tidak diinginkan dari lingkungna sekitar saat perekaman dan Limiter (LMT) yang dapat mengatur jauhnya jarak perekaman.

Dari sisi desain, LG V20 menggunakan bodi yang berbahan aluminium alloy yang biasa digunakan untuk pesawat terbang. Selain itu, smartphone ini menggunakan bahan pelindung Si-PC yang telah teruji dan tersertifikasi untuk United States Military Standard (MIL STD-810G). Dengan bahan pelindungi Si-PC ini dapat meredam guncangan pada kedua ujung perangkat yang menjadikan perangkat ini cukup kuat ketika terjatuh.

Nantinya LG V20 akan mulai dijual mulai tanggal 25 November 2016 dengan harga Rp 9.499.000 di toko online maupun offline mitra bisnis LG. Selain mendapatkan earphone B&Q Play, bagi pembelinya selama masa pre-order akan mendapatkan penawaran istimewa.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Adhitya Wibawa Putra

Lead Editor di Gadgetren