Berita

Microsoft Bantu Penderita Buta Warna Lewat Aplikasi Microsoft Color Binoculars

microsoft-color-binoculars-header

Smartphone sejatinya dapat membuat kehidupan jadi lebih mudah bagi siapa saja, termasuk orang yang mengalami kelainan penglihatan. Microsoft pun mencoba membantu pengguna smartphone yang mengalami buta warna melalui aplikasi Microsoft Color Binoculars. Aplikasi ini mampu membuat penggunanya membedakan kombinasi warna yang sulit atau spektrum warna yang lebih luas.

Microsoft Color Binoculars bekerja dengan memanfaatkan kamera smartphone, tapi pengguna sama sekali tidak perlu mengambil gambar atau video. Kamera hanya perlu diarahkan pada objek sambil mengaktifkan aplikasi Color Binoculars.

microsoft-color-binoculars-header-2

Aplikasi ini bisa dimanfaatkan para penyandang buta warna agar bisa membedakan kombinasi warna. Misalnya, untuk memilih warna pakaian yang cocok, memilih warna bunga, dan sebagainya. Warna yang tampak pada mata ditampilkan real-time mendekati warna asli, seperti warna merah menjadi pink agar lebih mudah dibedakan atau warna hijau yang dibuat lebih gelap.

Sebenarnya, aplikasi ini dikembangkan oleh Tom Overton dan Tingting Zhu pada tahun 2015 dan selanjutnya diselesaikan sebagai bagian dari program Microsoft Garage. Overton sendiri sebenarnya mengalami buta warna dan ia menjadi orang pertama yang mencoba aplikasi. Meskipun saat ini hanya tersedia untuk iOS saja, tak menutup kemungkinan akan hadir di perangkat Android agar lebih dimanfaatkan masyarakat luas.

[Sumber: phonearena]

 


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Desy Yuliastuti

Writer, Editor, Coffee Addict.