Berita

5 Negara dengan Jaringan 4G-LTE Tercepat di Dunia Tahun 2016

internet-header

[Sumber gambar: flickr]

Koneksi internet cepat kini menjadi penting untuk membantu aktivitas dan kehidupan sehari-hari. Sayangnya, kita tak selalu mendapatkan koneksi yang stabil. Salah satu penyebabnya, yakni prasarana penunjang (infrastruktur) jangkauan frekuensi di Indonesia masih belum merata. Bagaimana dengan negara-negara lain?

Lembaga survei Open Signal baru saja merilis data terbaru yang cukup menarik. Dibandingkan dengan tahun lalu dan bahkan awal tahun ini, kecepatan rata-rata koneksi internet di dunia untuk pertama kalinya hampir mendekati 50 Mbps. Padahal secara global, kecepatan jaringan 4G rata-rata 17,4 Mbps meskipun sebagian besar sudah di angka 20 Mbps. 

data-open-signal-2016-header

Walaupun demikian, kecepatan koneksi di negara yang masih mengembangkan infrastruktur ternyata belum memuaskan. Misalnya, India yang hanya menawarkan kecepatan 4G rata-rata 6,4 Mbps. Berikut 5 negara dengan koneksi internet tercepat tahun 2016 seperti dilansir dari Androidauthority.

  1. Singapura, 45,9 Mbps
  2. South Korea, 45,8 Mbps
  3. Hungaria, 40,6 Mbps
  4. Romania, 35,6 Mbps
  5. New Zealand, 34,9 Mbps

Open Signal juga mencatat, Indonesia sendiri berada di posisi ke-47 secara global untuk periode Agustus-September-Oktober 2016 dengan kecepatan layanan 4G rata-rata 8,79 Mbps. Pada kuartal sebelumnya Indonesia berada di posisi 68 dengan kecepatan 5,37 Mbps. Meskipun begitu, jaringan 4G kini menjadi teknologi internet tercepat yang paling banyak digunakan dibandingkan koneksi lawas pada jaringan 3G dan 2G.

[Sumber: 1, 2]

 


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Desy Yuliastuti

Writer, Editor, Coffee Addict.