ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Smartphone Murah Asal Tiongkok Dikabarkan Memiliki Spyware Untuk Mencuri Data

blu-r1-hd-header

GADGETREN – Keamanan data pengguna smartphone merupakan suatu hal yang sangat penting. Google sebagai pembuat sistem operasi Android kini memperketat pengamanan mereka dan selalu meluncurkan tambahalan pengaman setiap bulannya.

Namun kabar tidak sedap mengampiri smartphone dengan harga terjangkau yang diproduksi oleh Tiongkok. Menurut laporan dari firma penelitian keamanan, Kryptowire, ditemukan perangkat lunak bernama Adups pada beberapa perangkat yang dijual secara internasional seperti Blu R1 HD.

Kryptowire mengklaim bahwa perangkat lunak bernama Adups ini mampu mengumpulkan data data IMEI, riwayat SMS dan telepon, daftar kontak, hingga alamat IP. Selanjutnya kumpulan data tersebut dikirimkan ke sebuah server di Tiongkok tanpa harus meminta persetujuan pengguna. Lebih parah dari itu, Adups juga dapat memasang aplikasi secara jarak jauh.

Kryptowire hingga saat ini belum merilis daftar seluruh perangkat apa saja yang terjangkit spyware ini. Pihak Amazon telah mengkonfirmasi masalah ini dan sudah mengirimkan tambalan untuk produk Blu R1 HD.

Jika kamu ingin mengeceknya sendir apakah perangkat kamu memiliki perangkat lunak ini, kamu dapat mencari APK files dengan nama “com.adups.fota” dan “com.adups.fota.sysoper” pada smartphone miliki kamu.

[Sumber : AndroidPolice]

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar