Tips dan Trik

Cara Membuat Personal Hotspot di iPhone Untuk Berbagi Internet

Cara Membuat Hotspot di iPhone

Gadgetren – Walaupun sekarang merupakan era saling terhubung, namun itu bukan berarti setiap perangkat bisa langsung mendapatkan koneksi internet akibat satu atau hal lainnya.

Salah satunya penyebabnya dikarenakan perangkat tersebut hanya mendukung jaringan WiFi saja sehingga tidak bisa menggunakan kartu SIM dari operator seluler atau mungkin kamu tidak ingin repot berlangganan banyak paket internet untuk setiap perangkat.

Nah untungnya handphone era sekarang ini, termasuk iPhone, mempunyai fitur berbagi koneksi internet bernama Personal Hotspot (Hotspot Pribadi) atau juga dikenal sebagai tethering untuk digunakan sebagai solusi permasalahan internet.

Penjelasan Tentang Personal Hotspot

Personal Hotspot adalah sebuah fitur yang memungkinkan perangkat bertindak seperti WiFi Hotspot, dimana perangkat lain dapat terhubung dan menikmati koneksi internet yang sudah ada.

Tentunya berbagai jenis perangkat dapat terhubung secara bersamaan mulai dari handphone, laptop, tablet, dan lainnya selama mendukung jaringan WiFi untuk bisa terhubung ke perangkat utama layaknya ke router atau modem.

Satu hal yang perlu diketahui, Personal Hotspot menggunakan fitur WiFi dari perangkat utama sehingga hanya bisa berbagi jaringan seluler saja. Selain itu, daya baterai akan lebih cepat terkuras karena perangkat harus bekerja ekstra.

Nah bagi kamu yang ingin mengaktifkan dan membuat Personal Hotspot di iPhone kamu, maka dapat mengikut langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengaktifkan Personal Hotspot di iPhone

  1. Buka aplikasi Settings di iPhone kamu
  2. Selanjutnya kunjungi Cellular > Cellular Data Options > Cellular Data Network.iOS Celular Netwok
  3. Isi kolom Username dan Password apa saja sesuai keinginan
  4. Untuk kolom APN dapat dikosongkan sajaiOS Personal Hotspot Setting
  5. Tutup Settings dan tunggu beberapa pengaturan berubah
  6. Nantinya akan muncul menu baru bernama Personal Hotspot di SettingsiOS Personal Hotspot
  7. Ketuk menu tersebut dan geser tombol Personal Hotspot menjadi aktif
  8. Kamu juga bisa mengganti Wi-Fi Password untuk izin perangkat terhubung

Untuk sistem operasi iOS, nama WiFi yang digunakan merupakan nama iPhone itu sendiri sehingga pastikan tidak mengandung informasi sensitif atau lainnya. Tentunya kamu dapat mengubah nama iPhone langsung di menu Settings > About > Name.

Untuk menghapus menu Personal Hotspot agar tidak muncul lagi di Setting, maka kamu dapat menggunakan fitur Reset Settings yang ada pada bagian Cellular Data Network. Nantinya seluruh pengaturan akan kembali seperti semula.

Nah itu lah cara membuat Personal Hotspot yang akan sangat berguna sekali ketika hanya iPhone kamu saja yang terhubung ke internet dan ingin berbagai jaringan ke perangkat lain. Ada baiknya mengaktifkan menu ini agar tidak perlu repot-repot mengaturnya lagi ketika dibutuhkan.

Tinggalkan Komentar

47 Komentar