ASUS TUF Gaming FX507
Berita Perangkat Pintar

OLO – Printer 3D Pertama yang Bisa Cetak Benda dari Smartphone

OLO Printer 3D (2)

Teknologi pembuatan benda padat melalui proses cetak cepat kini menjadi teknologi yang terus dikembangkan. Salah satu inovasi dilakukan oleh OLO 3D inc. dengan membuat printer 3D portabel mungil yang bisa mencetak benda dari smartphone.

Untuk mencetak, cukup menginstal aplikasi OLO pada smartphone Android, iOS, dan Windows lalu memilih gambar yang akan dicetak. OLO memanfaatkan layar smartphone dan sinar laser untuk memindai benda yang akan dicetak. Printer ini kompatibel dengan semua merek smartphone dengan ukuran layar maksimal 5,8 inci.



Setelah memilih gambar,  smartphone diletakkan pada dock printer dengan menghadap ke atas dan pilih benda yang akan dicetak. Selanjutnya, tutup bagian tengah printer OLO dan tuangkan resin cair sebagai bahan pencetak. Terakhir, tutup bagian atas dan tunggu hingga printer selesai bekerja.

Printer OLO mencetak dengan bahan baku resin, yakni sejenis getah pohon. Berbagai bentuk dapat dihasilkan, baik benda padat maupun yang fleksibel seperti stiker atau motif stempel. Namun, dibutuhkan waktu sekitar empat jam untuk menghasilkan satu benda 3D.

OLO Printer 3D

Meskipun berjalan lambat, namun OLO merupakan inovasi yang baik dalam teknologi printer 3D. Printer dengan berat sekitar 780 gram dan ini dioperasikan 4 buah baterai AA. Tertarik mencoba? Printer OLO dipasarkan dalam jumlah terbatas melalui kickstarter.com seharga US$ 99 atau Rp 1,3 jutaan sepaket dengan dua botol resin.

[Via techtimes]

Tinggalkan Komentar