Perangkat Pintar Unik

Tato Dengan Chip NFC yang Bisa Dipakai Untuk Membuka Kunci Smartphone

Digital Tattoos

Membuka kunci smartphone dengan pin, sandi, kombinasi pola (pattern lock), face unlock, atau mengusap layar sentuh (swipe) mungkin sudah biasa. Terkadang pula cara tersebut memakan waktu lama atau menjadi rumit, apalagi kalau kita lupa kombinasi password dan sulit menebaknya.

Sebuah inovasi yang diberi nama Digital Tattoos dikembangkan guna mempersingkat waktu unlock untuk mengakses smartphone. Teknologi ini diusung oleh VivaLnk yang bekerja sama dengan Google Advance Technology.

Untuk memfungsikan Digital Tattoos cukup dengan cara menempelkan stiker tato digital temporer di salah satu lengan kemudian mengaktifkan fitur NFC pada smartphone. Selanjutnya, kunci akan terbuka secara otomatis dengan menempelkan smartphone ke tato. Cara ini juga diklaim memberikan proteksi data yang lebih baik bagi pengguna.

Stiker tato digital dibuat oleh 3M berbentuk bulat dan berdiameter 25 mm. Di dalamnya tertanam chip dan sirkuit NFC. Materialnya dari bahan super tipis berkualitas tinggi, fleksibel, dan tahan air. Jadi, kita bisa menggunakannya saat beraktivitas sehari-hari termasuk saat berenang. Satu stiker tato digital dapat digunakan selama lima hari pemakaian.

Digital Tattoos telah diuji coba untuk membuka kunci dengan NFC tag pada ponsel Motorola Moto X. Pihak  VivaLnk mengklaim satu tato bisa dipakai oleh banyak smartphone, namun satu smartphone, misalnya Moto X hanya bisa menggunakan maksimal lima tato.

Cara praktis ini tentu menghemat waktu karena untuk meng-unlock kita tak perlu memasukkan sandi atau kombinasi pola. Tertarik mencoba? Digital Tattoos kini bisa dipesan di situs resmi VivaLnk. Satu paket berisi 10 stiker dengan harga US$ 9,99 atau setara Rp 130.000.

[Via nfcworld]


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Desy Yuliastuti

Writer, Editor, Coffee Addict.