Aplikasi Berita

Google Resmi Akan Mematikan Picasa. Apa alasannya ?

Picasa

Picasa merupakan salah satu software untuk meninjau, mengelola, dan mengedit gambar. Software ini dikembangkan oleh LifeScape, Inc pada tahun 2002 dan secara resmi pada tahun 2004 dibeli oleh Google.

Tak ketinggalan, Picasa juga memiliki layanan album web yang masih beroperasi hingga sekarang. Namun sayangnya berikut mengejutkan datang dari Google karena pasalnya setelah lebih dari 11 tahun Picasa bersama Google terpaksa akan dimatikan dalam waktu beberapa bulan lagi.

Secara resmi Google akan mematikan dan tidak mendukung lagi software desktop pada tanggal 16 Maret 2016. Selanjutnya, Google akan menutup layanan Picasa Web Album pada tanggal 1 Mei 2016.

Nantinya, sebelum tanggal tersebut pembaca masih dapat mengunduh software desktop Picasa dan melakukan migrasi foto dari Picasa Web Album ke Google Photo. Untuk melakukan migrasinya cukup mudah, pembaca hanya perlu melakukan login ke layanan Picasa Web Album minimal satu kali.

Penutupan Picasa ini sendiri dilakukan karena Google ingin fokus terhadap Google Photo yang kini memiliki integrasi pada akun Google atau Gmail. Nah, kita harus menerima dengan lapang dada bahwa software dan layanan Picasa akan benar-benar ditutup oleh Google.

[via SoftPedia]

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Pengguna OnePlus yang suka dengan dunia Gadget dan IT. Sekarang jadi Lead Editor di Gadgetren. Instagram : @awpwebanimator

Leave a Comment