Berita

Luar Biasa, Ecommerce ini Pecahkan Rekor Penjualan 22.222 Pesanan per Menit Dalam Sehari

JD com

Pada tanggal 11 November 2015 kemarin, banyak toko online yang menjual barang dengan harga super murah bahkan hingga diskon yang luar biasa. Ternyata tidak hanya, Alibaba saja yang mendulang untung besar pada hari tersebut. Salah satu, ecommerce asal Tiongkok, JD.com, berhasil mendapatkan rekor penjualan yang sangat fantastis dalam sehari.

Dalam kesempatan tersebut, JD.com menyelenggarakan promo yang bertajuk “11.11” atau “Double 11” dimana melakukan penjualan mulai dari tanggal 1 November – 11 November 2015 dengan diskon besar-besaran selama 11 hari penuh dan berhasil membukukan total penjualan diatas 100 juta pesanan dengan nilai transaksi naik 140% dibanding tahun lalu.

Menariknya, ketika penjualan di tanggal 11 November 2015, JD.com berhasil mengumumkan pencatatan rekor baru 32 juta pesanan hanya dalam satu hari atau 22.222 pesanan per-menit pada acara “11.11”. Pencapaian ini melampaui rekor sebelumnya hingga 130%. Berbagai merek lokal Tiongkok maupun internasional dari berbagai industri bergabung di acara tahunan ini dan berhasil mencatatkan penjualan luar biasa. Diantaranya, Skap yang membukukan penjualan 450%, MO&Co 600%, dan Forever 21 650%.

Statistik menunjukkan kategori 3C (Computers, Communications, Consumer) berhasil mencatatkan transaksi yang tinggi, yakni 28.500.000. Kategori Laptop dan Komputer 647.000 transaksi, kategori Tablet PC 309.000 transaksi. Sementara khusus pada hari puncak, 11 November 2015, kategori furnitur dan pakaian mendominasi penjualan hingga 40%.

Dalam mendukung perhelatan ini jasa pengiriman logistik, JingDong Express, berhasil mengirimkan jutaan barang secara efisien ke ribuan kota dan pelosok. Pada hari puncak 11 November 2015, JingDong Express bekerja lebih keras dan tetap berhasil mengirimkan barang dengan cepat kepada pelanggan pada hari yang sama.
JD di Indonesia

Sebagai tambahan, JD.com telah mengepakkan sayapnya di Indonesia dengan beroperasi menggunakan domain www.jd.id yang telah beroperasi pada 26 Oktober 2015. Sejak diluncurkan kepada publik, statistik JD.id terus mengalami tren positif dengan signifikan, baik dalam jumlah pengunjung maupun transaksi. Seperti halnya JDcom, kehadiran JD di Indonesia didukung juga oleh jasa logistik yang efisien dan cepat. Khusus untuk wilayah Jabodetabek, JD memberikan layanan pengiriman satu hari “Beli sekarang, besok tiba”.

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Pengguna OnePlus yang suka dengan dunia Gadget dan IT. Sekarang jadi Lead Editor di Gadgetren. Instagram : @awpwebanimator

Leave a Comment