Berita

Cochin – Bandara Pertama di Dunia Dengan Sumber Tenaga Matahari Penuh

bandara energi matahari
[sumber gambar : TheVerge]

Teknologi menggunakan tenaga matahari merupakan salah satu alternatif sumber energi yang ramah lingkungan. Menariknya, beberapa waktu lalu telah ada bandara yang dibangun sepenuhnya menggunakan sumber energi matahari yakni Bandara Internasional Cochin.

Bandara Internasional Cochin ini merupakan bandara yang terletak di Cochin, kota selatan India bagian Kerala. Bandara ini masih dalam tahap pembangunan hingga beroperasi pada bulan Mei 2016 nanti.

Nantinya pada bandara ini akan ditempatkan 46.150 panel surya dengan luas area sebesar 45 acre atau sekitar 18.000 hektar. berdasarkan sumber yang dilansir dari TheVerge, bandara ini diharapkan dapat mengurangi emisi karbon hingga 300.000 ton yang setara dengan tida berkendara dengan kendaraan bermotor sejauh 1,2 miliar km atau menanam 3 juta pohon.

Apabila bandara ini kelebihan energi yang didapat dari matahari maka energi tersebut akan dijual ke Kerala State Electricity Board. Selain Bandara Internasional Cochin, India juga berupaya untuk mengembangkan bandara lainnya menggunakan panas matahari.

Luar biasa bukan? kita tunggu saja kabar selanjutnya hingga bandara ini beroperasi di tahun depan. Tentunya akan menarik juga kalau Indonesia memiliki bandara dengan teknologi panel surya seperti ini.

[sumber : TheVerge]

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Pengguna OnePlus yang suka dengan dunia Gadget dan IT. Sekarang jadi Lead Editor di Gadgetren. Instagram : @awpwebanimator

Leave a Comment