ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tips dan Trik

Wah Android Marshmallow Ternyata Punya File Manager Tersembunyi, Penasaran?

Android-Marshmallow

Sistem operasi Android selalu mempunyai sedikit rahasia tersembunyi yang dapat ditemui pengguna. Begitu juga pada Android 6.0 Marshmallow yang merupakan sistem operasi terbaru dari Google. Pada tips dan trik kali ini Gadgetren akan memberikan cara untuk mengaksesnya.

Salah satu yang sudah menjadi rahasia umum pada hampir seluruh perangkat Android adalah dengan mengetuk menu Tentang Ponsel atau About Ponsel beberapa kali. Pada Android 5.0 hingga terbaru maka akan menampilkan sebuah permainan yang menyerupai Flappy Bird.

Nah ternyata pada Android 6.0 Marshmallow terdapat rahasia lagi yang terbilang cukup berguna. Pihak Google kali ini menyematkan File Manager tersembunyi. Biasanya File Manager akan dipasangkan sendiri sesuai oleh vendor pembuat perangkat.

Walaupun tidak sebagus aplikasi yang memang dikhususkan hal tersebut, namun jika hanya sekedar menghapus, memindahkan, atau mengubah nama tetap dapat dilakukan di sini. Berikut cara mengakses fitur tersembunyi tersebut.

Gambar Langkah Fitur File Explorer Android Marshmallow Tersembunyi

  • Masuk ke Pengaturan atau Setting
  • Lalu pilih Penyimpanan & USB pada kategori Perangkat
  • Setelah masuk ke penyimpanan internal, pada bagian bawah akan terdapat pilihan Jelajah atau Explore
  • Selamat! Sekarang bisa melihat ada data apa saja dalam perangkat

Fitur ini juga dapat melakukan pemilihan beberapa file secara bersamaan atau mengirimkan ke penyimpanan awan seperti Google Drive atau Dropbox.

[sumber : Redmonpie]

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar