Berita Smartphone

Microsoft Display Dock – Buat Smartphone Lumia 950 Menjadi Komputer Desktop

Microsoft Display Dock

Dalam perhelatan Microsoft Tech Days 2015 yang diadakan di Jakarta kemarin, secara resmi Microsoft memperkenalkan teknologi Continuum yang dimiliki Windows 10 Mobile kepada para media yang datang menghadiri acara tersebut. Dalam mempresentasikannya, pihak Microsoft menggunakan smartphone Lumia 950, Microsoft Display Dock, keyboard, mouse, dan monitor.

Awalnya, pihak Microsoft menjelaskan berbagai fitur baru yang dibawa oleh sistem operasi Windows 10 Mobile. Setelah selesai menjelasakan fitur maka selanjutnya pihak Microsoft menghubungkan Lumia 950 ke Microsoft Display Dock dan selanjutnya secara mengejutkan monitor menampilkan Windows 10 Mobile layaknya Windows 10 yang terdapat pada komputer umumnya.

Hal yang menarik adalah semua aplikasi yang terdapat pada smartphone Lumia 950 dapat diakses langsung pada monitor layaknya sebuah komputer. Microsoft Office seperti Word, Excel, serta Powerpoint yang berada di Lumia 950 pun ikut ditampilkan pada monitor dengan ukuran besar dan kita dapat melakukan edit dokumen langsung di monitor.

Microsoft Display Dock Ok

Microsoft Display Dock

Untuk mouse dan keyboard yang dipresentasikan menggunakan teknologi Bluetooth yang terhubung langsung ke smartphone. Namun pembaca juga dapat menggunakan mouse dan keyboard dengan port USB karena pada Microsoft Display Dock terdapat slot USB yang lumayan banyak. Selain itu, pada Microsoft Display Dock terdapat juga port USB Type C untuk input dan port HDMI untuk output ke monitor.

Bisa dikatakan, smartphone berbasis Windows 10 Mobile yang baru bisa menggunakan Microsoft Display Dock ini adalah Lumia 950 dan Lumia 950 XL dikarenakan telah menggunakan port berbasis USB Type C. Menariknya, Microsoft Display Dock ini dapat menampilkan Windows 10 Mobile di monitor dengan resolusi sebesar 1920 x 1080 pixel.

Ketika Microsoft Display Dock menampilkan Windows 10 Mobile di monitor, maka Lumia 950 masih dapat diakses layaknya smartphone seperti menerima atau melakukan panggilan, menerima atau mengetik pesan, dan masih banyak lagi.

Untuk harga dan penjualannya sendiri, Microsoft Indonesia belum mengumumkannya secara resmi karena belum tersedianya smartphone Lumia 950 di Indonesia sehingga bagi pembaca yang ingin membeli dan mencoba teknologi Continuum Windows 10 Mobile ini harus bersabar terlebih dahulu.

Sebagai tambahan, Teknologi Continuum ini sendiri sebenarnya dapat digunakan kepada televisi yang mempunyai teknologi Miracast sehingga tidak memerluka Microsoft Display Dock. Namun kecepatan akses Windows 10 Mobile ketika menjadi komputer akan sedikit lebih lambat karena sambungan wireless yang melalui jalur udara.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Adhitya Wibawa Putra

Lead Editor di Gadgetren