Berita Tips dan Trik

Kepercayaan Terhadap BlackPanda Hilang, Berikut Tips Belanja Online Agar Tidak Terkena Penipuan

Tips-Belanja-Online

Pada era digital saat ini, berbagai kegiatan dapat dilakukan secara online termasuk jual beli. Namun dapat juga terjadi penipuan pada jual beli secara online seperti di dunia nyata. Intip saja kasus BlackPanda yang terjadi, walaupun sudah sangat terpecaya masih saja terjadi penipuan.

Untuk menghindari kasus-kasus serupa bagi para calon pembeli online, kali ini Gadgetren akan memberikan tips dan trik yang berguna untuk menghindari hal tersebut.

Cek Reputasi

Hal yang paling utama sebelum melakukan belanja online, selalu cek reputasi sang penjual maupun situs penyedia. Jangan anggap ada situs yang benar-benar bersih dari masalah, namun perhatikan bagaimana situs tersebut menangani ketika terjadi suatu masalah.

Alamat Kantor Atau Toko

Jika bisa belilah barang melalui penjual atau situs jual beli yang mempunyai alamat toko atau kantor secara resmi, sehingga saat terjadi suatu masalah dapat langsung dikunjungi dan dimintai pertanggun jawaban.

Baca Deskripsi Produk

Selalu baca deskripsi produk dengan cermat dan hati-hati agar kita mengetahui bagaimana kondisi barang tersebut dipasarkan. Jika barang diterima tidak sesuai dengan yang dipasarkan maka pembeli berhak untuk mengembalikan barang tersebut sesuai ketentuan situs bersangkutan.

Tentu saja jangan cepat tergiur dengan produk harga sangat miring. Barang murah tersebut bisa saja barang rekondisi, replika, rusak, curian, maupun lainnya.

Keaslian Dan Garansi

Salah satu yang perlu diperhatikan juga adalah keaslian dan garansi barang. Keaslian barang tentu saja agar pembeli tidak tertipu dengan barang replika yang dijual dengan harga tinggi. Sedangkan garansi dibutuhkan agar ketika ada masalah dalam kurun waktu yang dijanjikan, pembeli dapat menukarnya dengan yang baru atau mendapatkan perbaikan secara cuma-cuma.

Pengiriman Dan Pembayaran

Dalam hal pengiriman ada baiknya selalu menggunakan layanan kilat dengan garansi agar cepat sampai. Hal tersebut dapat mengurangi resiko kerusakan dalam perjalanan dan cepat untuk mengambil tindakan jika barang tidak sesuai. Bagaimana penjual menyediakan cara pembayaran juga perlu diperhatikan. Berikut beberapa metode pembayaran yang umum dilakukan.

Transfer Tunai : Pembeli langsung mengirimkan sejumlah uang ke rekening penjual. Cara ini paling rentan untuk dilakukan penipuan dikarenakan jika terjadi sesuatu maka satu-satunya cara yang dapat ditembuh adalah menghubungi pihak berwajib.

Jika melakukan cara ini pastikan penjual benar-benar terpercaya dan selalu minta nomor resi pengiriman untuk mengetahui keberadaan barang yang dibeli.

Cash-On-Delivery (CoD): Cara yang satu ini terbilang cukup aman karena pembeli dapat membayar dan mengecek langsung kondisi barang. Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan terjadi tindak kejahatan yang memanfaatkan pertemuan pembeli yang membawa sejumlah uang.

Ada baiknya jika ingin melakukan metode ini, pembeli melakukan CoD di tempat ramai seperti tempat makan maupun mall dan simpan uang di ATM terlebih dahulu.

Rekening Bersama : Metode melalui sistem escrow atau yang dikenal rekening bersama (rekber) ini terbilang sangat aman dikarenakan menyimpan dana terlebih dahulu di orang ketiga. Namun semenjak kejadian BlackPanda di Kaskus yang melakukan penggelapan dana, metode ini perlu dicermati kembali.

Jika ingin melakukan metode rekber selalu pastikan reputasi penyedia layanan, namun BlackPanda yang telah sangat dipercaya pun dapat melakukan penipuan. Sehingga paling aman pilih penyedia rekber yang mempunyai kantor secara resmi, seperti BukaLapak atau Tokopedia yang menyediakan situs jual beli melalui metode rekber ini.

Bukti Transaksi

Mengikuti saran seorang akuntan, ada baiknya pembeli selalu menyimpan bukti atau nota transaksi minimal enam bulan hingga satu tahun untuk aman dibuang. Simpan juga seluruh percakapan antara penjual dan pembeli beberapa saat sebagai jaga-jaga.

Hal tersebut dilakukan agar pembeli dapat memberikan bukti jika terjadi suatu masalah pada barang sekaligus menjadi bukti bahwa barang tersebut memang dibeli secara resmi.


Selain itu saya juga ingin berbagi pengalaman saya dalam melakukan belanja secara online melalui beberapa situs jual beli.

Kaskus FJB : Kaskus FJB merupakan tempat pertama saya melakukan jual beli, namun mulai melirik ke lainnya dikarenakan banyaknya masalah yang terjadi. Sangat disarankan bagi pembeli yang sudah terbiasa melakukan penjualan online saja dikarenakan barang yang dijual tidak mendapatkan perlindungan dari manapun termasuk Kaskus, sehingga benar-benar hanya melalui kepercayaan.

Lazada : Situs dengan nama besar yang cukup terpercaya untuk melakukan pembelian secara online. Perlu diperhatikan karena di Lazada terdapat dua penjual yakni Lazada sendiri dan toko lain. Yang paling aman adalah tentu melalui Lazada langsung dan jika ingin membeli dari toko lain selalu cek ulasan pelanggan lain terlebih dahulu.

BukaLapak : Pengalaman saya menggunakan BukaLapak sejauh ini cukup positif. Mudah mencari barang dan menggunakan metode rekening bersama melalui rekening BukaLapak. Jika ingin membeli barang melalui situs ini pastikan terlebih dahulu penjual mempunyai feedback yang cukup bagus.

About the author

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

Leave a Comment