Berita Laptop Smartphone

Microsoft Umumkan Asisten Pribadi Cortana Akan Tersedia di Android dan iOS

cortana

Baru-baru ini Microsoft memberikan konfirmasi mengenai kejelasan asisten pribadi Cortana yang akan hadir di perangkat berbasis iOS dan Android. Hal ini menjadi menarik karena pasalnya asisten pribadi Cortana ini hanya dimiliki oleh perangkat berbasis Windows Phone 8.1 dan Windows 10 saja.

Tentunya ketika Cortana yang merupakan asisten pribadi dari Windows 10 ini hadir di kedua platform ini akan melakukan persaingan dengan Siri yang merupakan asisten pribadi bawaan dari iOS maupun GoogleNow yang merupakan asisten pribadi bawaan dari Android.

Seperti yang dilansir dari TheVerge bahwa dikabarkan Cortana ini akan membawa fitur-fitur pentingnya pada gadget lain meskipun tidak akan seoptimal ketika berjalan di platform Windows 10 yang memiliki integrasi mendalam terhadap Cortana. Namun langkah ini dilakukan agar memudahkan pengguna dapat terintegrasi dan nyaman ketika menggunakan perangkat yang cross-platform.

Cortana sendiri menjadi salah satu langkah penting dari Microsoft dalam menghubungkan komputer dengan perangkat gadget pengguna agar menjadi kesatuan. Selain itu, Cortana akan menyarankan mengunduh beberapa aplikasi penting Microsoft pada gadget ketika pengguna belum memilikinya.

Beberapa aplikasi yang nantinya disarankan Cortana untuk diunduh adalah Skype, OneDrive, OneNote, dan Office yang memang memiliki fungsi untuk membantu aktivitas pekerjaan maupun sehari-hari dari penggunanya.

Tentu saja, kehadiran Cortana di perangkat Android dan iOS ini menjadi menarik karena akan menjadi salah satu kunci Microsoft untuk dapat membuat aplikasinya dinikmati oleh pengguna gadget dengan sistem operasi selain Windows 10. Dan kita juga dapat melihat seberapa canggih Cortana dapat menjadi asisten pribadi di berbagai perangkat gadget.

About the author

Adhitya Wibawa Putra

Pengguna OnePlus yang suka dengan dunia Gadget dan IT. Sekarang jadi Lead Editor di Gadgetren. Instagram : @awpwebanimator

Leave a Comment